mencariMurah, cepat, nyaman, dan bebas macet – semua hal itu bisa didapatkan jika kamu traveling naik kereta api. Dibandingkan dengan pesawat, tiket kereta api memang jauh lebih murah. Terlebih, sebagian orang ada yang takut naik pesawat dan mengalami aerophobia tentu ini akan sangat merugikan. Namun demikian, berburu tiket kereta api saat peak season tidak semudah beli asuransi perjalanan. Kamu harus gerak cepat dan buru-buru membelinya karena cepat sekali habis. Jadi, kebanyakan orang yang tidak tahu tips dan trik berburu tiket kereta api biasanya tidak kebagian.

Nah, supaya nasibmu tidak seperti itu, simak dulu tips dan trik membeli tiket kereta api berikut ini!

  • Ketahui kapan reservasi tiket dibuka

Tentunya hal utama yang perlu kamu ketahui adalah kapan waktu reservasi tiket kereta api dibuka. Biasanya, PT. KAI membuka reservasi tiket kereta api sejak H-90 keberangkatan. Nah, kamu bisa nih, mulai siap-siap tiga bulan sebelum jadwal keberangkatan agar dapat tiket.

  • Lakukan perhitungan waktu yang tepat

Biasanya tiket kereta api akan mulai dijual pada pukul 00.00. Jangan salah, pada saat peak season, saat tengah malam pun orang-orang sudah memburu tiketnya. Bisa jadi ada ratusan atau bahkan ribuan calon pembeli yang mengincar tiket yang sama denganmu. Karena itu, lakukan perhitungan waktu yang tepat dan selalu standby pada jaringan penjualan tiket kereta api.

  • Pilih metode pembayaran paling mudah

Percuma saja jika kamu berhasil memasukkan tiket kereta api ke keranjang belanjaan tetapi tidak mempersiapkan metode pembayaran yang tepat. Jika membeli tiket kereta api secara online, kamu bisa memilih beberapa metode seperti membayar lewat ATM, kartu kredit, e-banking, atau mobile-banking. Kamu juga bisa membayar di merchant rekanan yang menyediakan fitur dompet online. Namun sebaiknya Anda memilih metode pembayaran via e-banking atau m-banking karena lebih cepat dan mudah.

  • Cek jaringan lain selain situs KAI

Jika kamu belum berhasil mendapatkan tiket, coba cek jaringan lain selain situs KAI. Ada beberapa rekanan jaringan penjualan tiket kereta api secara online. Siapa tahu di beberapa situs rekanan tersebut masih menyediakan tiket yang kamu incar!

Itu dia sedikit tips memburu tiket kereta api untuk peak season. Semoga berhasil! (Rima)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *