bayar onlineBerbelanja jadi semakin praktis dengan kehadiran online store apalagi untuk Ramadhan. Memang banyak yang bilang belanja online store, lebih hemat biaya dan juga hemat waktu. Namun dibalik semua itu tentunya belanja online juga memiliki kelemahan tersendiri. Misalnya barang yang ternyata tidak sesuai dengan deskripsi di website atau ternyata barang rusak akibat kendala pengiriman. Mungkin tidak masalah jika pengirim memiliki asuransi pengiriman barang ruginya tidak seberapa, tetapi bagaimana jika tidak? Nah, maka dari itu, sebelum belanja online, sebaiknya Anda memerhatikan beberapa tips berikut ini.

  • Meneliti deskripsi barang

Saat belanja online, Anda harus teliti membaca deskripsi yang tertera di website-nya. Baca setiap detail-nya, apakah barang tersebut memang sesuai dengan yang Anda inginkan. Jika online shop tidak mencantumkan deskripsi barang dengan jelas, sebaiknya jangan membelinya. Sebab online shop yang terpercaya mestinya mencantumkan deskripsi barang secara jelas agar konsumen tidak salah pilih.

  • Bandingkan produk

Nah, jika Anda sudah menemukan barang yang Anda cari di online shop, jangan tergesa-gesa untuk membelinya langsung. Bandingkan dulu dengan online shop lain. Siapa tahu, Anda menemukan harga yang lebih terjangkau dan sama-sama berkualitas.

  • Baca testimoni

Jangan skip langkah penting berikut, yakni membaca testimoni. Ulasan dari para pembeli biasanya bisa dipercaya. Akan tetapi, Anda harus bisa membedakan kira-kira mana yang testimoni secara jujur dan mana yang sengaja direkayasa untuk mempromosikan produk. Atau cara mudahnya, Anda bisa memilih online shop yang sudah menjual banyak produk. Jika toko tersebut laris, maka kemungkinan besar barang yang dijual berkualitas, bukan?

  • Baca review

Jika kurang puas membaca testimoni pelanggan, Anda bisa membaca review barang yang ingin dibeli di internet. Namun, jangan hanya membaca satu review saja, bacalah review dari beberapa orang dan buatlah kesimpulan apakah barang yang ingin dibeli worth it atau tidak.

  • Pengiriman

Nah, ini dia yang sering dilupakan oleh pembeli. Biasanya pengiriman dianggap sebagai tanggung jawab penjual. Sehingga jika barang rusak, pembeli tinggal komplain dan meminta tukar. Padahal kerusakan saat pengiriman bisa diminimalisir dengan meminta perlindungan ekstra. Anda bisa meminta penjual untuk menambah perlindungan pada packaging. Misalnya dengan memberikan bubble wrap ekstra atau bahkan menggunakan box kayu.

Semoga bermanfaat dan selamat berbelanja! (Rima)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: