rumah sakitPengobatan infertilitas pria menjadi masalah yang sering diperbincangkan oleh pasangan yang telah lama menikah. Di dalam dunia medis, istilah infertilitas memiliki arti ketidakmampuan pasangan untuk memiliki keturunan atau lebih sering disebut mandul.

Penyebabnya bermacam-macam, diperlukan berbagai tes oleh dokter kepada kedua belah pihak. Iya, tak hanya wanita, suami pun harus melakukan serangkai diagnosa sebelum dinyatakan mengalami infertilitas. Masing-masing memiliki kemungkinan permasalahan pada organ reproduksi yang mempengaruhi tingkat kesuburan.

Bagi pria, penyebab utamanya yakni karena adanya penurunan jumlah atau kualitas dari sperma dan juga disfungsi ereksi. Berikut ini Bocah Indonesia akan memaparkan beberapa tips mudah yang bisa diterapkan dalam menjaga kesuburan pria:

Jangan Gunakan Celana Ketat

Walaupun terlihat sepele, pemilihan pakaian, khususnya celana juga dapat berpengaruh terhadap tubuh. Celana yang ketat dapat mengganggu aliran darah ke seluruh organ vital, bahan yang digunakan pun harus diperhatikan. Pilih celana dengan bahan yang sejuk, menyerap keringat, dan tentunya sedikit longgar.

Perhatikan Penyimpanan Gadget

Sering menyimpan handphone di saku celana atau memangku laptop di paha sangat berpengaruh terhadap kesuburan. Sebab radiasi dan panas yang keluar dari kedua gadget tersebut dapat merusak sperma. Sebaiknya simpan gadget di meja menggunakan tas kecil untuk membawa handphone kesayangan ketika bepergian.

Hindari Rokok dan Minuman Beralkohol

Banyak sekali iklan yang memaparkan bahaya dari merokok, salah satunya ialah impotensi. Hal ini bukanlah tulisan semata, pria yang merokok kemungkinan besar memiliki jumlah sperma yang lebih rendah.

Tak hanya itu saja, perokok pasif atau pria yang tidak merokok tapi ikut terpapar asapnya juga ikut terkena dampak buruk. Merokok dan minuman beralkohol ini sangat berpengaruh terhadap tingkat kesuburan seorang pria, lebih baik, gantilah dengan diet pola hidup sehat dan baik.

Selain tips di atas, ada baiknya untuk menjaga pola hidup, seperti menjaga asupan makanan, rajin berolahraga, dan hindari stres. Jika dokter telah mendiagnosis masalah kesuburan ada pada pihak suami, tak ada salahnya untuk mencari pengobatan infertilitas pria. Baik secara alami maupun menggunakan obat-obatan yang disarankan oleh dokter ahli yang terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *