kejuKeju mengandung banyak nutrisi, hal ini bukanlah suatu rahasia lagi. Itulah sebabnya, banyak orang yang menyediakan keju serbaguna atau keju jenis apa saja di dalam kulkasnya, tergantung dari jenis keju favoritnya dan keluarga. Dengan begitu, kapan saja ingin memasak menggunakan keju, tidak perlu lagi repot membelinya.

Namun, di balik nutrisi yang terkandung di dalamnya, kamu juga tidak boleh lupa bahwa bahan makanan ini mengandung lemak jahat dan tinggi kalori. Padahal lemak jahat merupakan sumber berbagai penyakit dan ketika kamu mengonsumsi makanan tinggi kalori dalam jumlah banyak, maka bisa menyebabkan terjadinya obesitas. Menakutkan bukan? Dan ada beberapa makanan yang tidak boleh dikombinasikan dengan keju karna kombinasi keju dan makanan tersebut, jika dikonsumsi banyak dapat mengganggu kesehatan.

Tidak perlu takut atau khawatir, karena kamu masih boleh kok mengonsumsi keju selama dalam batas yang wajar. Selain itu, situs webmd juga memberikan beberapa tips memasak dengan keju yang bisa kamu terapkan agar aman dan tetap sehat, yaitu:

  • Gunakan hanya setengah takaran dari yang tercantum dalam resep jika menggunakan keju tinggi lemak jenuh. Memang mengurangi jumlah takaran keju bisa mempengaruhi rasa dan juga kandungan nutrisinya. Sebab tidak hanya kadar lemaknya yang berkurang, tetapi juga nutrisi lain dalam keju akan berkurang. Namun cara ini lebih baik daripada kamu sakit akibat kelebihan lemak. Atau, kamu juga bisa menggunakan keju rendah lemak jika ingin menggunakan takaran penuh.
  • Jika kamu tidak memungkinkan untuk mengurangi takaran keju atau mengganti dengan keju lain, maka hal yang bisa kamu lakukan adalah dengan memperhatikan bahan masakan lain yang digunakan.
  • Jika tidak memungkinkan untuk menggunakan keju rendah lemak, maka kamu bisa menggunakan keju dengan rasa yang kuat. Hal ini akan membantumu menggunakan lebih sedikit keju dibandingkan dengan takaran sebenarnya. Sebab meskipun hanya sedikit, tetapi rasa keju sudah bisa tetap dinikmati.
  • Pada beberapa jenis makanan, banyak orang yang menyelimuti bagian atasnya dengan keju. Artinya kamu akan membutuhkan banyak keju agar seluruh permukaan tertutup oleh keju. Sebaiknya gunakan keju hanya untuk taburan, bukan untuk menyelimuti makanan. Dengan begitu jumlah keju yang dibutuhkan akan berkurang jauh.
  • Keju adalah makanan yang tinggi lemak, jadi ada baiknya jika kamu memasangkannya dengan bahan makanan lain yang lebih menyehatkan.

Dengan menerapkan cara di atas, semoga kamu bisa menikmati makanan favoritmu tanpa perlu merasa khawatir dengan masalah lemak dan kalori ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *