tinggal di rumah dan tetap sehat#DiRumahAja merupakan kebijakan yang digaungkan oleh pemerintah untuk meminta masyarakat tetap berada di rumah dan mengurangi aktivitas sosial. Hal ini dilakukan sebagai salah satu cara pencegahan virus COVID-19. Ya, kondisi yang sudah ditetapkan sebagai pandemi ini memang mengkhawatirkan. Alhasil, hampir sebagian besar aktivitas masyarakat pun dilakukan di rumah, termasuk aktivitas belajar dan bekerja, yang tentunya mengubah dinamika harian kita semua.

Hanya saja, meski berada di rumah sepanjang waktu, para nutrisionis menyatakan bahwa hampir sebagian besar masyarakat tidak menerapkan gaya hidup sehat. Oleh sebab itu, agar tetap bugar dan juga sehat selama berada di rumah, mereka merilis beberapa tips kesehatan berikut ini:

  • Atur pilihan makanan dan camilan. Selama berada di rumah, kecenderungan untuk makan dan ngemil memang meningkat. Sayangnya, tak semua orang aware dengan makanan dan camilan yang mereka konsumsi. Oleh sebab itu, diperlukan perencanaan mengenai makanan apa saja yang boleh dan yang sebaiknya dihindari. Dengan demikian, kamu bisa memonitor apa saja yang dikonsumsi setiap hari.
  • Batasi kafein. Bekerja dari rumah memang membutuhkan energi yang tidak sedikit. Alhasil, sebagian besar dari kita menyiasatinya dengan mengonsumsi kopi di pagi dan siang hari. Namun demikian, menurut para nutrisionis, hal ini justru tidak bijak karena bisa membuat kamu terjaga sepanjang malam. Untuk mengatasinya, kamu bisa membatasi kafein menjadi satu cangkir sehari lalu imbangi dengan konsumsi air putih.
  • Tentukan waktu makan. Para nutrisionis menyarankan untuk menentukan waktu makan harian. Misalnya, kapan kamu harus sarapan, makan siang, makan malam, hingga waktu untuk mengonsumsi camilan. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari keinginan makan hanya karena bosan.
  • Imbangi dengan aktivitas. Terakhir, jangan lupa untuk tetap aktif bergerak dan beraktivitas. Jika berolahraga tidak memungkinkan (karena keterbatasan ruang di rumah), kamu bisa menggantinya dengan aktivitas lain seperti membersihkan rumah, mengepel, ataupun naik turun tangga.

Nah, itu dia beberapa tips kesehatan dari para nutrisionis yang bisa kamu terapkan di rumah. Tetap sehat dan tetap #DiRumahAja, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *