mengemudi samping truck
image source: lawofficeofjaviermartinezjr

Pengemudi motor maupun mobil tentu tahu berkendara di sekitar—terutama di belakang—truk adalah kondisi yang cukup riskan. Pasalnya, mobil besar dengan bak besar di belakang ini punya blind spot atau titik buta yang membuat pengendaranya kesulitan melihat kendaraan lain di sekitarnya. Selain itu, beban yang diangkut kendaraan ini juga membuatnya cukup sulit bermanuver di jalan raya. Untuk itu, yuk simak tips berkendara di dekat truk diesel atau dump truk terbaik yang mungkin Anda temui di jalan nanti:

  • Hindari titik buta. Titik buta atau blind spot merupakan salah satu penyebab utama kecelakaan antara truk dengan kendaraan lain. Maka dari itu, mulai sekarang Anda harus waspada untuk tidak berada di titik buta truk. Di mana sajakah itu? Yang pertama tepat di bagian bawah jendela depan, titik kedua berada di sekitar 3 meter sisi kiri dan kanan truk, dan yang terakhir tepat di belakang truk.
  • Kalau bisa, dahului. Berdasarkan penjelasan pada poin di atas, jelas bahwa seluruh sisi truk masuk ke dalam kategori titik buta. Untuk itu, jika Anda sudah mahir berkendara, Anda bisa mendahului truk. Namun, penting diingat bahwa truk punya ukuran bodi yang cukup panjang dan tidak bisa melaju dengan kencang. Jadi, perhitungkan dengan matang antara kecepatan yang Anda butuhkan untuk mendahului truk dan jarak antara kendaraan Anda, truk, juga kendaraan dari arah berlawanan.
  • Kalau tak bisa dahului, hindari. Andaikan Anda merasa tak mampu mendahului truk atau jalanan terlalu ramai, opsi lain yang bisa Anda lakukan adalah menghindari truk di depan Anda. Caranya dengan menurunkan kecepatan Anda hingga jarak antara kendaraan Anda dan truk tersebut semakin jauh.
  • Waspada saat truk akan memutar arah. Truk berukuran sedang hingga besar akan memerlukan ruang atau space yang lebar untuk mengakomodasi bodinya saat memutar arah. Biasanya, truk semacam ini akan berbelok dari lajur tengah (atau satu di sebelah lajur paling kanan). Nah, jika Anda melihat truk di depan Anda menyalakan sein kanan untuk memutar arah, segera turunkan kecepatan Anda. Jika memungkinkan, Anda bisa mendahului truk tersebut dari lajur sebelah kiri.

Itu dia tips mudah berkendara di dekat truk, terutama di belakangnya. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *