cat mobil
image source: popular mechanics website

Jika Anda membeli mobil dari tempat jual mobil bekas terpercaya, maka kualitas mobil pasti baik dan terjamin. Namun tetap saja, masalah kondisi tampilan mobil yang mulai terlihat kusam pada kaca maupun catnya menjadi hal yang umum ditemui. Anda mungkin bisa membersihkan kaca agar tetap bening dengan membawa ke salon mobil. Namun, bagaimana dengan catnya?

Untuk mengatasinya, banyak yang kemudian memilih melakukan cat ulang. Namun hati-hati saat melakukannya, karena jika salah justru bisa menyebabkan tampilan mobil semakin berantakan. Agar aman, berikut ini adalah hal yang wajib diperhatikan saat akan mengecat ulang mobil:

  • Warna mobil

Tahukah Anda bahwa warna mobil ada sangat banyak sekali jenisnya dan beberapa di antaranya sangat sulit dicari catnya? Misalnya saja seperti warna merah, meskipun sama-sama merah, tetapi beberapa jenis warna merah tidak dijual dipasaran. Artinya Anda harus melakukan cat ulang langsung di bengkel resmi. Itu juga bisa dilakukan jika bengkel resmi masih memiliki stock cat atas warna tersebut.

Untuk warna yang tergolong jarang seperti ini, maka penyelesaiannya adalah dengan melakukan cat ulang pada seluruh body mobil. Tujuannya, agar tidak menimbulkan warna yang belang. Sebaiknya cat ulang dengan warna sama dengan yang tercantum pada surat-surat mobil agar Anda tidak perlu repot mengurusnya.

  • Lokasi cat ulang

Hati-hatilah memilih lokasi untuk melakukan cat ulang pada mobil Anda. Sebab ada banyak sekali penyedia jasa cat ulang yang menggunakan cat dengan kualitas rendah. Memang pada saat mobil baru dicat tidak akan terlihat. Namun hanya dalam periode singkat, warna cat baru tersebut mulai memudar sehingga akan terlihat belang.

Untuk amannya, selalu lakukan cat ulang di bengkel resmi merek mobil Anda. Sebab di sana pasti selalu menggunakan cat dengan kualitas terjamin dan pastinya dikerjakan secara profesional.

Satu hal penting yang harus Anda ketahui mengenai cat ulang pada mobil adalah, biayanya yang sangat mahal. Bahkan jika melakukan cat ulang pada keseluruhan mobil mungkin bisa mencapai ΒΌ harga mobil Anda atau mungkin lebih.

Jika kondisi cat mobil hanya memiliki goresan halus dan tidak parah, ada baiknya jika Anda membiarkannya saja atau cukup menutup dengan stiker. Namun, jika goresan cukup dalam hingga memperlihatkan material dalam mobil Anda, maka melakukan cat ulang perlu dilakukan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *