rumah kacaIngin memulai hobi berkebun? Tak ada salahnya untuk membangun rumah kaca untuk mendukung hobi Anda. Manfaat rumah kaca untuk berkebun ada banyak lho, mulai dari lebih mudah mengatur suhu di sekitar tanaman, menjaga tanaman dari cuaca buruk, dan lain-lain. Jika Anda berminat untuk membuat rumah kaca, langsung saja cari info harga upvc yang murah untuk dijadikan kusen jendela dan pintu di rumah kaca Anda. Nanti, sambil menunggu rumah kaca dibangun, sebaiknya baca berbagai tips tentang cara berkebun di rumah kaca terlebih dahulu. Nah, ini dia beberapa tips yang mungkin bermanfaat bagi Anda! (Source: sproutwellgreenhouses.com)

  • Memilih tanah yang sesuai

Tanah yang Anda gunakan di rumah kaca harus mengandung beberapa unsur penting seperti nitrogen, fosfor, dan kalium. Ketiga unsur ini dibutuhkan untuk membuat tanaman tumbuh dengan subur. Kemudian, biasanya tanaman akan tumbuh subur jika tanah memiliki pH berkisar antara 6.2-6.8. Bagi Anda yang belum tahu cara menentukan pH tanah, Anda bisa menggunakan test kit yang tersedia di toko yang menjual peralatan berkebun. Menambahkan pupuk kompos pada tanah secara tahunan juga bisa membuat kualitas tanaman lebih baik.

  • Menentukan jenis tanaman

Tentu ada banyak pilihan tanaman yang bisa Anda tanam di rumah kaca Anda. Meski demikian, Anda perlu tahu tanaman apa saja yang paling baik jika ditanam di dalam rumah kaca. Tanaman seperti buah persik dan anggur dapat tumbuh dengan baik di rumah kaca karena tidak memerlukan space yang terlalu banyak. Sedangkan untuk sayuran, tomat dan terong dapat tumbuh baik dalam suasana rumah kaca.

  • Waktu untuk menyiram tanaman

Berbeda dengan tanaman yang ada di luar rumah kaca, Anda cukup menyiram tanaman yang berada di dalam rumah kaca saat tanahnya kering saja. Sebab, rumah kaca mampu membangun sistem kelembabannya sendiri. Meski demikian, perhatikan juga jenis tanaman. Beberapa jenis tanaman membutuhkan air yang lebih banyak dari tanaman lainnya. Buatlah jadwal dan catatan tentang kapan waktu menyiram tanaman agar Anda tidak bingung.

  • Mencegah hama

Saat menaruh tanaman baru ke dalam rumah kaca, pastikan Anda sudah memastikannya bebas dari hama. Jika tidak, hama akan menyebar dengan cepat di dalam rumah kaca Anda dan menjadi lebih sulit diatasi.

Apakah Anda juga tergiur untuk membuat rumah kaca? Supaya rumah kaca tidak terlalu panas, Anda bisa memadukannya dengan berbagai jenis batu bata untuk hunian. Selamat berkebun! (Rima)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: