penumpang motorSelain lebih cepat, menggunakan sepeda motor ketika bepergian memang dapat mengatasi macet di perjalanan. Karena itu, banyak orang lebih memilih memakai motor sebagai transportasi untuk bepergiannya. Mungkin Anda salah satunya? Nah, untuk Anda yang sering menaiki sepeda motor dan menjadi penumpang, jangan lupa untuk menerapkan beberapa tips ini agar risiko kecelakaan bisa diminimalisir dengan baik, di antaranya adalah sebagai berikut:

  • Selalu gunakan helm. Seperti yang tercantum dalam pasal 106 Ayat (8) UU No. 22/2009 mengatur bahwa “Setiap orang yang mengemudikan sepeda motor dan penumpang sepeda motor wajib mengenakan helm yang memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI)” (source: hukumonline.com). Untuk itu, sudah menjadi hal wajib jika penumpang sepeda motor harus menggunakan helm pada saat menaiki sepeda motor. Tak hanya aman, memakai helm juga bisa dijadikan sebagai salah satu bentuk perlindungan terhadap kepala, mata, hidung, dan sebagainya.
  • perhatikan posisi duduk. Mengutip dari cnnindonesia.com, posisi duduk penumpang sepeda motor ada baiknya menghadap ke depan seperti halnya pengendara. Posisi lutut menjepit pinggul pengendara, telapak kaki di tempat yang disediakan, dan posisi tangan memegang pinggang pengendara. Ini dilakukan agar penumpang aman dan tidak akan terpental ketika sepeda motor direm mendadak ataupun melewati jalanan yang menanjak.
  • Jangan sampai tidur di atas motor. Entah karena lelah atau kurang tidur, terkadang banyak penumpang yang malah tertidur di atas sepeda motor. Hal ini tentu sangat dilarang karena dapat membahayakan keselamatan dan meningkatkan risiko kecelakaan. Untuk itu, ada baiknya jangan sampai tertidur selama menaiki sepeda motor agar aman dan tidak menimbulkan kecelakaan.
  • Jangan terlalu banyak membawa barang. Pastikan untuk tidak membawa terlalu banyak barang di sepeda motor. Alasannya karena membawa barang dengan kapasitas berlebih malah dapat memengaruhi keseimbangan sepeda motor sehingga lebih membahayakan. Ada baiknya bawa barang secukupnya saja agar tidak menimbulkan masalah nantinya.

Demikian beberapa tips yang sebaiknya diterapkan ketika menjadi penumpang sepeda motor. So, selalu perhatikan tips aman berkendara dan jangan lupa ganti oli motor secara rutin menggunakan oli samping terbaik yang bisa dicek melalui https://ilti.idemitsu.com/oli-samping-idemitsu-perawatan-terbaik-untuk-motor-2-tak/ agar semakin aman ketika berkendara maupun menjadi penumpang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *