pempek
source: indonesiana

Banyak dari kita yang tidak tahu asal muasal sebuah makanan dan arti nama dari sebuah makanan. Hal ini wajar karena kita lebih fokus pada rasa makanan daripada history dibalik makanan tersebut. Jika seadainya kita diminta untuk menceritakan sejarah sebuah makanan sebelum menyantapnya, tentu saja banyak dari kita yang akan kelaparan dulu. Untunglah, kita tinggal makan.

Namun pernah gak kepikiran pingin tahu arti dari nama makanan? Contohnya aja Pempek, hidangan dari olahan ikan khas Palembang. Sebenarnya makanan yang kita sebut pempek ini memiliki nama asli yang berbeda. Pada awalnya makanan ini diberi nama Kelesan dikarenakan makanan ini dapat tahan disimpan lama. Loh kok bisa berubah nama menjadi pempek?

Perubahan nama kelesan terjadi karena kebiasan para pembeli yang menyebut penjual kelesan. Pada tahun 1916, kelesan mulai dijual oleh orang Tionghoa dengan berjalan kaki dari kampung ke kampung terutama di daerah Mesjid Agung dan Mesjid Lama Palembang. Para penjual ini sering dipanggil dengan nama “Pek” atau “Empek”. Sehingga setiap ingin membeli kelesan, orang-orang akan memanggil mereka dengan Pek, Emepek. Lama kelamaan panggilan kepada penjual kelesan ini ternyata semakin populer dibandingkan nama kelesan. Hingga saat ini orang pun mengenal kelesan sebagai Pempek.

Bagi yang mau tahu cerita lengkap perubahan nama kelesan menjadi pempek, bisa cob abaca buku Sejarah dan Kebudayaan Palembang. Lengkap kok hehehe

Selain Pempek, ada nama makanan lain yang ternyata memiliki artik tersendiri? Masih ada kok. Berikut ini beberapa nama makanan yang memiliki artinya tersendiri karena berdasarkan sejarah makanan ini:

  • Ketoprak, makanan khas betawi ini sangat sering ditemukan terutama di kota Jakarta. Ketoprak merupakan kependekan dari Ketupat, Toge dan Digeprak . Ya emang isi dari ketoprak adalah ketupat, toge, tahu goreng, bihun, kerupuk dan saus kacang. Jadi namanya mengisahkan isi dari ketoprak.
  • Es Doger merupakan es krim khas dari Cirebon. Doger dari kata “Es Doger” merupakan singkatan dari “Dorong Gerobak”.  Dari dulu hingga sekarang, es krim dijual menggunakan gerobak yang didorong. Jadi masuk akal dong jika akhirnya es krim khas Cirebon ini dinamai Es Doger.
  • Cuanki, makanan kuah yang dilengkapi dengan bakso dan tahu juga merupakan bentuk penyingkatan (Biasalah, kita kan suka menyingkat kata..hahah). Kepanjangan cari Cuanki adalah Cari Uang Jalan Kaki. Nama ini mengambarkan cara dari pedagang menjual cuaki  dimana mereka memang menjual dagangannya dengan berjalan kaki alias mencari uang dengan berjalan kaki.

Wow, ternyata nama-nama makanan ini memiliki arti dan sejarahnya masing-masing. Penasaran dengan nama makanan lainnya? –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *