jendelaApartemen CBD Kuningan maupun Modern Residence Jakarta, pasti Anda akan menjumpai berbagai tipe jendela. Jendela memang menjadi bagian penting dalam sebuah bangunan. Bukan hanya untuk sekadar untuk sirkulasi udara serta menyalurkan sinar matahari, tetapi jendela juga perlu agar hunian Anda terlihat lebih indah dan nyaman. Ternyata, memilih jendela tidak sembarangan dan memiliki kesan tersendiri :

  • Jendela Nako

Populer pada saat tahun 2000an. Sering disebut dengan jendela krepyak, karena bunyinya yang bergesekan dengan kaca lainnya. Jendela ini membuat kesan vintage pada rumah Anda. Sering dipakai karena untuk rumah yang berdekatan dengan rumah lain agar tidak memakan space.

  • Jendela Swing

Jendela yang seperti pintu rumah ini, biasanya lebih baik menghadap ke halaman rumah untuk udara pagi yang lebih segar dan memaksimalkan cahaya yang masuk.

  • Jendela Kaca Mati

Jendela yang tidak bisa di buka maupun ditutup ini, fungsinya untuk menyalurkan cahaya ke dalam ruangan. Penempatan jendela ini bisa diruang tengah atau di tangga agar pada siang hari tidak menggunakan lampu. Jendela kaca mati juga cocok untuk rumah modern yang menggunakan AC sebagai pengatur udara dalam ruangan.

Namun, kelemahan jendela ini tidak dapat di buka maupun di tutup ketika AC ruangan mati, sehingga sirkulasi tidak berjalan dengan baik. Untuk itu, pasangkan jendela lain di satu ruangan dengan jendela ini akan lebih baik.

Jendela Awning dan Jendela Hopper

Kedua jendela ini, pada dasarnya memiliki bentuk yang sama. Saat ditutup pun terlihat sama. Hanya saja, jendela awning terbuka di bawah, sedangkan jendela hopper terbuka di atas. Di luar negeri, jendela ini biasanya digunakan untuk ruang basement, yang tidak punya banyak ruang untuk menempatkan jendela.

  • Jendela Pivot

Jendela yang biasa digunakan untuk rumah minimalis ini, bisa menjadi alternatif jendela ruang kamarmu. Terlihat lebih cantic dan bisa meneruskan cahaya dengan baik karena ukurannya yang cukup besar.

  • Jendela Sliding

Jendela ini sangat praktis, simpel, dan tidak boros tempat. Jendela ini cocok untuk rumah yang rapat dengan tetangga. Namun, jendela ini tidak bisa di buka bersamaan dikedua sisi, hanya satu sisi saja.

  • Jendela Bay

Jendela dengan tampak menjorok keluar dari batas garis dinding bangunan, memang bertema eropa klasik. Memberi kesan klasik dan mewah, banyak digunakan di luar negeri. Di Indonesia mungkin Anda hanya menjumpai beberapa unit saja yang menggunakan jendela seperti ini. Jendela ini bisa dimanfaatkan untuk window seating, sebagai area membaca dan bersantai.

  • Jendela Mata Sapi

Jendela mata sapi berbentuk lingkaran dan biasanya diletakkan di tempat tinggi (void), misalnya di tangga rumah atau di kamar mandi. Fungsi jendela ini cukup penting untuk memberikan sumber cahaya pada ruangan dan tempat-tempat yang membutuhkan penerangan.

  • Jendela Pita

Untuk keluar masuknya udara, jendela ini menggunakan sistem geser. Tetapi, sebagian besar jendela pita merupakan kaca mati. Jendela ini biasa digunakan pembatas antar ruangan tengah/makan, dengan halaman belakang.

Itulah beberapa tipe jendela yang bisa kamu pasangkan di hunian Anda, namun pastikan sesuai dengan ukuran, konsep, serta kebutuhan ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: