Pernahkah kamu mendengar istilah binge-watching? Istilah ini juga sering disebut dengan watching marathon atau menonton sebuah acara tertentu seperti serial secara terus menerus dalam waktu yang cukup lama. Biasanya, hal ini dilakukan karena memiliki waktu luang atau karena penasaran dengan lanjutan cerita dari serial yang ditonton. Ditambah lagi, penonton sekarang ini semakin dimanjakan dengan kenyamanan dalam menonton. Apalagi jika kamu pintar dalam memilih Smart TV, seperti Best 4K TV misalnya, yang memungkinkan kamu menonton dengan detail yang mendekati aslinya. Tentu, aktivitas maraton series, entah itu thai series (lakorn), k-drama, j-dorama, atau sinetron, semakin terasa menyenangkan.

Nah, untuk kamu yang sering melakukannya, ada baiknya mulai mengurangi kebiasaan ini jika kamu melakukannya terlalu sering. Sebab, ada beberapa dampak buruk yang bisa kamu alami seperti yang ditulis dalam situs genmuda.com dan idntimes.com, antara lain:

Meningkatkan risiko stres

stressSebuah studi melalui sistem survei yang dilakukan oleh Departemen Kesehatan dan Rekreasi Universitas Toledo menyimpulkan bahwa binge-watching meningkatkan risiko seseorang mengalami stres dan depresi. Penelitian ini melibatkan 406 orang dan 80% di antaranya merasakan peningkatan rasa cemas, gelisah, dan bad-mood ketika menonton sebuah serial selama 2 jam secara berurutan. Hasil studi ini dipublikasikan pada bulan Februari 2014.

Mengurangi kualitas tidur

ngantukKarena aktivitas yang dilakukan pada pagi hingga sore hari, membuat binge-watching biasanya dilakukan pada malam hingga pagi hari. Akibatnya, waktu yang seharusnya kamu manfaatkan untuk beristirahat jadi terganggu. Hal ini tidak hanya membuat aktivitasmu keesokan harinya menjadi terganggu, tetapi juga meningkatkan risiko kamu terkena berbagai penyakit.

Kelainan mata

mataDalam kondisi normal, rata-rata manusia akan berkedip sebanyak 18 kali setiap menitnya. Namun, ketika kamu menonton secara marathon, maka mata akan selalu fokus pada layar dan waktu berkedip ini bisa jauh lebih sedikit. Tidak hanya itu, mata juga pastinya membutuhkan waktu untuk beristirahat agar tidak lelah. Ketika waktu yang seharusnya dimanfaatkan untuk beristirahat kamu gunakan untuk menonton, maka mata akan dipaksa untuk terus bekerja. Akibatnya, mata bisa mengalami kelainan khususnya untuk masalah fokus.

Antisosial

sendiriJarang sekali seseorang melakukan binge-watching bersama dengan teman atau anggota keluarga lain. Biasanya mereka akan melakukannya secara sendiri karena merasa lebih nyaman. Akibatnya, kamu akan menjadi pribadi yang antisosial. Lebih senang menyendiri dan tidak mempedulikan berbagai hal yang terjadi di sekitarmu.

Kecanduan

binge watchingSelesai menonton 1 episode penasaran dengan episode selanjutnya. Setelah tamat, masih merasa belum puas dan mencari serial lainnyaa yang tertarik untuk ditonton. Akibatnya, kamu tidak akan pernah berhenti menonton. Hal inilah yang cukup sering dialami oleh orang yang melakukan binge-watching.

Hmm, bahaya juga ya dampaknya? Sebenarnya menonton sebuah serial secara maraton boleh saja dilakukan tetapi tetap atur waktu menontonmu. Berikan batasan saat menonton, misalnya hentuikan setelah 2 jam. Selingi dengan berbagai kegiatan lain atau beristirahatlah jika sudah memasuki waktunya beristirahat atau merasa bahwa mata sudah mulai perih dan lelah. Semoga bermanfaat! (Vita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *