All New Kia SportageKendaraan, baik motor maupun mobil merupakan salah satu barang yang amat disayangi oleh para pemiliknya. Bagaimana tidak, untuk mendapatkannya harus dengan jerih payah menabung. Tidak heran bila banyak yang menggunakan asuransi kendaraan demi melindungi kendaraannya dari hal-hal yang tidak diinginkan. Kendaraan memang sudah menjadi kebutuhan primer untuk setiap orang karena sangat amat memudahkan kita untuk mencapai tujuan dengan cepat dan nyaman, dibandingkan dengan kendaraan umum. Namun dengan banyaknya keuntungan yang didapatkan oleh kita, kendaraan juga perlu untuk diperhatikan kebutuhannya yang terkadang kita lupakan. Ada beberapa hal sederhana tentang kendaraan yang masih sering kita lupakan, padahal itu sangat berpengaruh dengan kesehatan kendaraan. Simak artikel ini lebih lanjut untuk mengetahui hal-hal sederhana apa saja yang sering dilakukan oleh kita namun dapat merusak kendaraan!

Buru-buru menstarter mobil

Diyakini bahwa mobil pada zaman sekarang ini pastinay sudah memiliki Malfunction Indicator Lamp (MIL) atau Check Engine indikator di panel dashboard. Pada saat kunci kendaraan dalam posisi ON, lampu indikator Check Engine akan menyala untuk beberapa saat. Akan sangat disarankan bagi Anda untuk menunggu lampu indikator tersebut untuk mati terlebih dahulu sebelum Anda menyalakan mesin. Dengan memberikannya waktu, Anda membiarkan sistem injeksi mobil untuk menerima data dari seluruh komponen mesin dan juga kondisi lingkungan saat mobil dinyalakan.

Menahan kopling saat macet

Untuk Anda yang menggunakan mobil manual, pastinya Anda lebih sering menahan kopling pada saat macet dibandingkan memindahkan posisi gigi ke netral. Hal ini biasanya dilakukan karena lebih memudahkan Anda untuk bergerak maju pada saat lancar. Namun pasalnya, melakukan hal tersebut terus-terusan akan membuat kampas kopling cepat habis. Kebiasaan tersebut harus Anda kurangi supaya kondisi mobil bisa bertahan dan tidak cepat mengalami kerusakan.

Melakukan rem mendadak

Pasti hal ini sering Anda lakukan pada saat kendaraan sedang melaju cepat. Namun melakukan rem dengan mendadak akan sangat berpengaruh untuk kesehatan mesin dan juga ban kendaraan Anda. Hal ini disebabkan karena pengereman mendadak akan mengakibatkan mesin mobil jadi cepat kering dan membuat bahan bakar lebih boros. Selain itu,  apabila proses pengereman terus menerus dilakukan, maka komponen rem bisa lebih cepat rusak dan menyebabkan terjadinya getaran pada mesin yang membuat kemudi stir jadi lebih berat.

Itu dia 3 hal sederhana yang selalu dilakukan oleh pengendara namun tanpa disadari dapat merusak kondisi dan kesehatan ban Anda. Jangan lupa juga untuk rajin melakukan service mobil secara berkala. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *