uangUntuk memenuhi kebutuhan sehari-hari atau modal bisnis, banyak yang merasa uang tabungan kurang cukup. Maka dari itu mereka memilih untuk menggunakan pinjaman tunai yang biasanya ditawarkan oleh pihak bank. Meminjam uang lewat bank memang menggiurkan karena sudah banyak bank yang menawarkan pinjaman dengan bunga yang rendah dan tenor yang panjang. Selain itu bank bisa memberikan pinjaman uang dalam jumlah yang banyak.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa meminjam uang pasti ada risikonya dan berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Proses yang rumit

Proses pengajuan pinjam tunai di bank bisa di bilang cukup rumit. Selain melakukan beberapa tahap yang bisa menghabiskan waktu yang lama, bank juga akan melakukan verifikasi data yang telah diberikan, memastikan jika semua data adalah benar adanya. Berbeda jika meminjam uang secara online. Prosesnya sangat cepat dan juga bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja.

  • Syarat yang ketat

Selain prosesnya, syarat untuk meminjam uang di bank sangat ketat untuk alasan keamanan. KTP atau Kartu Tanda Pengenal harus sesuai dengan alamat tinggal ketika Anda mengajukan pinjaman uang. Jika berbeda maka harus ada surat keterangannya. Lalu data-data seperti buku nikah, Kartu Keluarga, slip gaji dan buku tabungan harus diberikan kepada bank.

  • Asset disita

Ada kemungkinan besar asset Anda di sita oleh bank jika Anda tidak membayar pinjaman Anda di waktu yang sudah ditentukan. Ini sesuai dengan perjanjian kontrak awal ketika melakukan peminjaman uang tersebut. Asset terbesar yang bisa disita oleh bank adalah rumah. Dan ini jelas sangat merugikan ketika sedang dalam keadaan kritis.

  • Denda

Ada denda yang di berikan oleh bank ketika Anda membayar tagihan pinjaman uang di waktu yang lebih cepat daripada perjanjian awalnya. Dendanya berbeda-beda, tergantung kebijakan bank masing-masing.

Itulah risiko yang bisa terjadi ketika Anda memutuskan untuk meminjam uang dari bank. Pastikan bahwa keperluan Anda adalah penting dan mendesak, jika tidak, lebih baik Anda mengurungkan niat untuk meminjam uang. Mengelola keuangan memang tidak mudah, namun ada baiknya Anda belajar untuk menabung dan berhemat dari sekarang. Jika Anda merasa kesusahan ketika menabung maka bisa meniru beberapa trik jitu, seperti menentukan tujuan menabung. (Della)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: