fenugreek untuk diabetesSebagai penderita diabetes, gaya hidup sehat dan aplikasi monitor gula darah merupakan sahabat Anda. Diabetes sendiri merupakan suatu penyakit metabolik yang muncul karena meningkatnya kadar glukosa atau gula darah. Oleh sebab itu, penderita diabetes biasanya menjaga asupan makanan karena salah makan sedikit saja, gula darah bisa meningkat drastis.

Nah, salah satu cara yang bisa dicoba untuk membantu mengendalikan diabetes adalah dengan mengonsumsi beberapa rempah dan sayuran berikut ini.

  • Fenugreek atau Kelabat. Banyak masyarakat Indonesia yang masih belum mengenal fenugreek atau kelabat. Fenugreek sendiri merupakan rempah yang biasa digunakan dalam kari. Rempah-rempah ini sangat popular di India sehingga tak heran jika fenugreek sering ditambahkan pada makanan-makanan khas India dan timur tengah. Namun demikian, di balik cita rasanya, fenugreek ini ternyata juga mampu menurunkan resistensi insulin serta mengontrol kadar glukosa. Fenugreek akan mengalihkan glukosa ke jaringan perifer sehingga kadar glukosa dalam darah akan menurun.
  • Pare. Pare dikenal sebagai sayur-sayuran yang memiliki rasa pahit. Tak heran jika sayuran ini banyak dihindari oleh anak-anak dan juga orang dewasa. Sebab agak sulit untuk mengolah pare menjadi sayuran yang nikmat dimakan. Padahal, pare memiliki banyak khasiat untuk tubuh kita. Pare juga mengandung charantin dan polipeptida-p yang bisa mendorong sel beta pankreas untuk memproduksi insulin.
  • Kayu manis. Nah, untuk mengurangi konsumsi gula pasir, Anda bisa menggantinya dengan kayu manis. Tak hanya menghadirkan rasa manis yang jauh lebih sehat disbanding gula, kayu manis juga memiliki aroma khas yang membantu menambah cita rasa pada minuman atau makanan. Tak hanya itu, ternyata kayu manis juga bisa mengubah glukosa menjadi energi pada tubuh.
  • Bawang putih. Tak hanya tiga hal yang sudah disebutkan di atas, bawang putih juga bisa membantu Anda untuk mengontrol diabetes, lho. Pasalnya, bawang putih bisa membantu menurunkan kadar gula darah serta membantu memperbaiki sel pankreas. Dengan demikian, pankreas bisa memproduksi insulin. Meskipun demikian, konsumsi bawang putih harus tetap dibatasi dan jangan sampai berlebihan, ya.
  • Ginseng. Terakhir adalah ginseng. Mungkin Anda sudah cukup familiar dengan rempah ini. Ya, ginseng memang seringkali diolah menjadi minuman atau menambah cita rasa dalam makanan Indonesia. Ternyata tak hanya nikmat, ginseng juga bisa membantu menstabilkan kadar glukosa serta meningkatkan insulin di dalam tubuh.

Itu dia beberapa rempah serta sayuran yang ternyata bisa membantu mengendalikan diabetes, terutama untuk diabetes tipe 1. Diabetes tipe 1 sendiri adalah penyakit autoimun dan merupakan penyakit keturunan. Lantas, apakah diabetes tipe 1 ini bisa diatasi dan sembuh? Sebenarnya, belum ada cara mengatasi sekaligus menyembuhkan diabetes tipe 1 ini. Pengobatan yang dilakukan pun hanya berfungsi untuk meringankan gejala penyakit yang diderita bukan menyembuhkan. Semoga membantu dan selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *