pisangIngin membuat bolu pisang? Tentunya, menyiapkan bahan-bahan olahan untuk bolu dan membelinya di toko bahan kue merupakan hal pertama yang harus dilakukan. Selanjutnya adalah pergi ke tempat jual peralatan membuat kue terlengkap untuk membeli cetakan khusus bolu pisang. Jika sudah, tinggal pergi ke pasar atau swalayan terdekat untuk membeli pisang segar sebagai bahan utamanya. Namun demikian, di antara sekian banyak pisang yang dijual, tentu Anda harus membeli yang terbaik agar rasa bolu pisangnya terasa nikmat.

Memilih pisang yang berkualitas merupakan hal yang cukup tricky. Anda harus tahu caranya agar bisa mendapatkan pisang yang bagus dan berkualitas untuk diolah. Berikut caranya:

  • Bintik cokelat. Selama ini, Anda mungkin selalu memilih pisang yang berkulit mulus tanpa noda sedikitpun. Padahal, hal tersebut tak selalu benar, lho. Disarankan untuk memilih pisang yang berbintik cokelat karena pisang yang seperti ini terasa manis dan juga legit. Pisang dengan bintik cokelat artinya sudah siap dimakan, manis, dan enak untuk dijadikan sebagai makanan olahan.
  • Bentuk membulat. Ternyata, pisang yang masih mentah biasanya memiliki bentuk yang kaku dan agak menyiku. Sementara itu, buah pisang yang sudah matang biasanya memiliki bentuk yang membulat dan melengkung. Jadi, pilih buah pisang yang berbentuk seperti ini, ya.
  • Matangkan dengan cara dipanggang. Jika pisang yang ada di pasar belum matang sementara Anda harus segera mengolahnya, Anda bisa mematangkan pisang dengan cara dipanggang. Masukkan pisang ke dalam microwave atau oven, panggang hingga kulit pisang menghitam, lalu keluarkan isinya dan haluskan. Setelahnya, Anda bisa langsung menggunakan pisang sebagai bahan untuk mengolah kue.
  • Tandan hijau pertanda pisang segar. Perhatikan tandan pisang saat hendak membeli pisang berbentuk sisir. Tandan yang berwarna hijau artinya pisang tersebut baru diambil dari pohonnya dan masih dalam keadaan segar. Sementara itu, jika tandan pisang sudah berwarna kecokelatan, hmm itu artinya pisang sudah agak kering dan sudah dipetik dalam waktu yang cukup lama.

Itu dia beberapa cara yang bisa Anda coba untuk memilih pisang sebagai bahan olahan. Semoga berhasil dan selamat mengolah kue! Semoga bolu pisangnya berhasil, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: