bayi
image source: BabyCentre

Memiliki bayi mungil menggemaskan pasti membuat hidup terasa sempurna. Apalagi kalau dia memakai pakaian yang lucu dan imut akan jadi moodbooster setiap hari. Tapi sebagai orangtua Anda harus memilih baju yang tepat untuk dipakai sikecil, karena salah sedikit saja akan berimbas pada kesehatannya. Mau tahu cara memilih pakaian bayi yang benar?

Lakukan 4 Langkah Ini Saat Memilih Pakaian Si Buah Hati

Empat hal berikut ini harus Anda perhatikan sebelum membeli pakaian untuk si kecil. Jangan hanya tergiur karena harga murah atau bentuknya yang lucu, namun tetap lihat kualitas dan bahannya, warna, ukuran dan tentunya bagaimana perawatannya setelah dipakai, apakah perlu sabun cuci pakaian bayi  khusus atau harus menggunakan teknik mencuci tertentu.

  • Kualitas Dan Bahan

Setelah melihat beberapa pilihan pakaian, saatnya Anda memastikan kualitasnya. Baik dari jahitannya yang rapi, karet yang elastis pada bagian tertentu, tali temali yang tidak akan mengganggu aktivitasnya, hingga renda yang dijahit dengan sempurna.

Jangan lupa untuk memastikan bahannya terbuat dari katun lembut, wol, atau kaos yang nyaman di kulit bayi. Jangan sekali-kali memilih pakaian berbahan polyester karena hanya akan menimbulkan masalah kulit seperti ruam, gatal, hingga biang keringat.

  • Warna Dan Bentuk

Pilihan warna juga perlu jadi perhatian. Jika Anda memiliki bayi perempuan tentu pilihan warna girly seperti merah muda, kuning, coklat, merah, dan putih. Atau kalau sikecil laki-laki pilihlah warna gentle seperti hijau, biru atau silver.

Bentuk dari pakaian juga harus dilihat, apakah cocok untuk dipakai bayi Anda atau tidak. Jangan segan untuk mencoba terlebih dahulu pakaian tersebut pada si kecil jika Anda membawanya berbelanja, atau coba bayangkan bagaimana bentuk buah hati saat memakai pakaian tersebut.

  • Ukuran Dan Kenyamanan

Jangan membeli pakaian yang pas di badan bayi, karena itu sangat tidak nyaman dan akan membatasi gerak-geriknya. Pilih ukuran longgar sehingga sirkulasi udara tetap lancar, dan juga dapat mencegah iritasi kulit.

  • Perawatan Rutin

Anda juga harus memastikan bahwa pakaian tersebut nantinya bisa dibersihkan dengan sabun cuci bayi khusus kulit alergi, karena untuk perawatan baju bayi memang tak semudah merawat baju orang dewasa sebab bayi dan anak masih rentan mengalami masalah kesehatan karena proses pertumbuhannya yang belum sempurna.

Jangan pernah mengabaikan cara memilih pakaian yang benar untuk si buah hati, karena sebagai orangtua pasti tak ingin dia mengalami masalah kesehatan gara-gara kesalahan kecil yang Anda lakukan bukan? Mulai sekarang pilihlah pakaian dengan cara yang tepat untuk membantu menunjang tumbuh kembangnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *