Memilih aksesoris maupun material yang akan digunakan dalam kamar mandi tentu akan berbeda dengan ruangan lainnya. Sebab, ruangan ini akan terus basah sehingga harus dipastikan material yang digunakan tahan air dan aman. Misalnya saja untuk pintu, penggunaan pintu dan Kusen UPVC bisa menjadi pilihan yang tepat karena material ini tahan terhadap air. Berbeda dengan pintu dan kusen dari kayu yang semakin lama akan lapuk jika terkena air terus menerus.

Selain pintu dan kusen, menentukan motif lantai kamar mandi juga tidak kalah penting. Apalagi, pemilihan jenis keramik yang salah bisa membuat lantai sangat licin dan pastilah sangat berbahaya. Lalu, keramik seperti apa ya yang baik untuk kamar mandi?

  • Agak kasar

Keramik yang digunakan untuk lantai kamar mandi sebaiknya memiliki motif yang membuatnya agak kasar. Sebab, kondisi inilah yang membuat lantai kamar mandi jadi tidak licin sehingga aman meskipun basah. Atau, kamu juga bisa menggunakan lantai keramik yang berukuran kecil-kecil. Misalnya lantai keramik bermotif heksagonal berukuran kecil sehingga lantai tidak akan terlalu licin saat basah. Namun, semakin banyaknya nat pada lantai kamar mandi akan meningkatkan risiko keerusakan pada lantai keramik. Apalagi jika kualitas nat yang digunakan tidaklah bagus. Tidak hanya itu, nat juga lebih berisiko cepat kotor dibandingkan dengan bagian keramiknya. Jadi, semakin banyak kamu menggunakan sambungan atau nat, maka kamu harus semakin rajin dalam membersihkannya.

  • Cepat kering

Meskipun keramik sudah di desain untuk kamar mandi karena memiliki permukaan yang lebih kasar, tetapi banyak lantai keramik yang membutuhkan waktu lama untuk kering. Tentunya kondisi ini tidak baik, karena akan membuat kamar mandi terlihat lebih kotor dan lembab.

Meskipun lantai keramik yang dipilih harus sesuai dengan kedua persyaratan di atas, tetapi memilih motif yang sesuai dengan konsep kamar mandi juga merupakan hal yang sangat penting. Dengan begitu, kamu tidak hanya memiliki kamar mandi yang aman, tetapi juga akan membuatmu nyaman berada di dalamnya. (Vita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *