orang tuaSeiring bertambahnya usia, kemampuan otak seseorang untuk berpikir dan mengingat memang dapat menurun. Hal ini biasanya disebut dengan demensia atau pikun dan biasanya sering dialami oleh para lansia. Dilansir dari halodoc, Pikun merupakan masalah kesehatan yang disebabkan oleh adanya kerusakan pada sel-sel otak yang membuat kemampuan komunikasi antar sel-sel tersebut terganggu. Ciri-ciri orang yang mengalami pikun adalah berkurangnya daya ingat, menurunnya kemampuan berpikir dan memahami sesuatu, serta menurunnya kecerdasan mental. Masalah kesehatan yang satu ini memang merupakan hal yang sudah sangat sering dihadapi oleh para perawat lansia, sehingga menanganinya bukanlah hal yang menyusahkan. Namun, masalah yang satu ini sebenarnya dapat dicegah, lho. Berikut ini adalah berbagai cara yang dapat dilakukan untuk mencegah lansia mengalami pikun.

Menjaga kepala dari benturan

Saat beraktivitas, orang lansia sangat dianjurkan untuk berhati-hati karena kondisi tubuh yang sudah cenderung rentan sehingga bila mengalami benturan dapat mengakibatkan kondisi yang serius dan juga fatal. Maka dari itu, gunakanlah helm atau pelindung lainnya saat berkendara atau melakukan aktivitas lainnya.

Membaca dan menulis

Orangtua yang menjelang masa lansia disarankan untuk sering-sering membaca dan menulis agar tidak cepat pikun. Hal ini dikarenakan aktivitas membaca dan juga menulis dapat melatih dan menstimulasi sel-sel saraf otak sehingga orangtua pun akan terlatih untuk terbiasa mengingat berbagai rangkaian kata.

Bersosialisasi

Aktif bersosialisasi juga dapat menjadi kegiatan yang sangat baik untuk mencegah pikun pada lansia. Dengan sering bertemu keluarga dan juga kerabat, orangtua akan berbincang-bincang dan juga mengenal orang-orang baru, sehingga hal ini dapat melatih daya ingat dan juga menjaga serta meningkatkan kemampuan otak, khususnya bagian otak yang mengatur fungsi komunikasi orangtua agar tidak mudah pikun saat menginjak umur lansia.

Menerapkan gaya hidup sehat

Pola dan gaya hidup yang sehat juga merupakan faktor yang cukup penting untuk diperhatikan demi mencegah risiko pikun saat lansia. Menghentikan kebiasaan buruk seperti merokok dan mengonsumsi minuman beralkohol perlu segera dihentikan dan mulai untuk melaksanakan hidup yang sehat seperti olahraga secara teratur dan juga mengonsumsi makanan yang sehat.

Demikianlah sederet hal yang dapat mencegah masalah demensia atau pikun pada lansia. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *