mengecat rumahBagi kamu yang sedang mencari Available Apartment in Jakarta atau yang sudah menemukannya, mengecat bagian dalam apartemen mungkin sesuatu yang sulit untuk dilakukan. Namun demikian, hal yang sama tidak berlaku untuk kamu yang tinggal di rumah. Memiliki rumah sendiri memberikan kamu kebebasan tersendiri untuk mengecat dinding bagian dalam atau luar rumah sesuka hati. Kamu pun bisa berekspresi melalui pemilihan warna ini.

Nah, untuk kamu yang hendak mengecat rumah, ada beberapa pertimbangan nih yang sebaiknya dicek. Berikut daftarnya:

  1. Gunakan cat primer sebagai perekat. Sebelum mulai mengecat dinding, jangan lupa untuk mengaplikasikan cat primer atau cat dasar yang berfungsi sebagai perekat. Cat ini akan membuat cat yang hendak digunakan menjadi tahan lama dan tidak mudah terhapus. Nah, mengingat sekarang ini ada cat dinding yang sudah memiliki formula cat primer di dalamnya, jangan lupa untuk mengecek komposisi cat yang sudah digunakan. Kalau cat pilihanmu sudah memiliki cat primer di dalamnya, kamu tak usah membeli cat primer lagi secara terpisah.
  2. Perhatikan ketahanan cuaca untuk cat di bagian eksterior rumah. Setiap kali Anda hendak membeli cat, jangan lupa pertimbangkan kebutuhan bangunannya. Misalnya saja untuk eksterior rumah; kebutuhan bagian luar rumah dengan bagian dalam tentunya berbeda. Untuk bagian eksterior sendiri, pilihlah cat yang memiliki tingkat ketahanan cuaca yang cukup tinggi mengingat bagian luar rumah sering terkena paparan sinar matahari dan juga hujan. Cat yang tahan terhadap segala jenis cuaca akan lebih tahan lama dan bisa digunakan dalam jangka panjang.
  3. Cat yang aman untuk pernapasan di bagian interior rumah. Jika bagian eksterior membutuhkan cat yang tahan terhadap segala jenis cuaca, bagian interior membutuhkan cat yang aman untuk pernapasan. Disarankan untuk memilih cat yang kandungan volatile organic compounds-nya rendah sehingga tak akan mengganggu kualitas udara di dalam rumah. Cat dengan kandungan volatile organic compounds tinggi biasanya memiliki bau yang menyengat serta membuat napas terasa sesak ketika terhirup.

Jika sudah mempertimbangkan tiga hal di atas, barulah kamu mulai mempertimbangkan warna. Sesuaikan warna cat pilihanmu dengan tema ruang secara keseluruhan. Kamu juga bisa menyesuaikannya dengan berbagai jenis bahan untuk karpet lantai yang ada di ruangan tersebut. Misalnya, memilih warna pastel untuk cat dinding karena karpet wol yang ada di ruang tamu sudah memiliki warna bold, dan lain sebagainya. Semoga membantu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: