genset
image source: gcpowerindo

Saat ini, Anda akan sangat mudah menemukan toko jual genset listrik. Sebab, semakin banyak yang membutuhkan alat ini, baik untuk keperluan pribadi maupun mendukung bisnis. Salah satu bagian pada perusahaan yang sering menggunakan alat ini adalah server. Tentunya, hal ini bukan tanpa alasan. Sebab, tanpa adanya genset maka server bisa berpotensi mengalami masalah.

Mengapa demikian? Berikut ini adalah fungsi penting genset untuk menjaga kinerja server:

  • Mempertahankan suhu

Server terdiri dari banyak perangkat yang bekerja memenuhi kebutuhan semua kliennya tanpa henti. Karena memiliki beban kerja yang keras, suhu pada semua perangkat ini akan meningkat drastis selama bekerja dan membutuhkan sistem pendingin agar tidak mengalami masalah. Inilah yang menyebabkan suhu dalam ruang server cukup dingin, karena harus terus dipertahankan tetap pada suhu 20OC , di mana suhu paling ideal untuk server bekerja. Agar suhu dapat terus stabil pada angka tersebut, tentu dibutuhkan suplai listrik yang stabil dan berkelanjutan juga. Di sinilah genset dapat bekerja sebagai penyuplai listrik untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

  • Mencegah downtime

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, server bertugas sebagai penyedia data untuk kliennya kapan saja dibutuhkan. Artinya, server harus mendapat suplai listrik terus menerus selama 7 hari 24 jam agar server mampu berfungsi sebagaimana mestinya. Ketika server kehilangan sumber listrik dan mengalami mati, meskipun hanya sebentar dapat menyebabkan downtime pada kliennya yang berujung pada kerugian perusahaan. Apalagi jika server menangani hal-hal yang sensitif dan dibutuhkan kinerja cepat serta stabil, adanya downtime meskipun hanya 1 detik bisa berdampak besar.

  • Sumber listrik cadangan

Selain sebagai penyuplai listrik utama, genset juga sering dijadikan sebagai sumber listrik cadangan. Genset ini akan diaktifkan suplai listrik utama mengalami masalah akibat suatu hal. Genset yang ditujukan sebagai sumber listrik cadangan harus mampu bekerja layaknya penyuplai listrik utama karena server harus dapat terus beroperasi secara normal tanpa kendala. Selain itu, untuk mengurangi downtime maka genset cadangan ini harus mampu menyediakan power listrik dalam jumlah yang dibutuhkan secara cepat.

Untuk dapat mendukung kinerja tetap maksimal, maka memilih genset yang tepat untuk server harus sangat diperhatikan. Sebab, server akan berpengaruh besar pada kinerja perusahaan. Namun, tidak hanya untuk server, ketika memilih genset untuk menara seluler pun harus mempertimbangkan banyak hal, seperti lokasi, jumlah beban, bahan bakar, dan lain sebagainya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *