flow meterKetika mendengar kata flow meter Indonesia, mungkin Anda akan langsung teringat dengan industri. Memang, ini merupakan alat yang sangat penting dan pasti dibutuhkan dalam semua bidang industri. Bahkan, bisa dikatakan ini merupakan alat yang sangat vital dan bisa menyebabkan kerugian ketika mengalami kerusakan. Nah, salah satu flow meter yang kerap digunakan adalah flow meter air yang memiliki banyak jenis dan manfaat.

Namun demikian, tahukah Anda bahwa sebenarnya alat ini memiliki fungsi yang lebih luas. Bahkan Anda sebenarnya sering juga memanfaatkan alat ini. Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah pemanfaatan alat ini dalam berbagai bidang:

  • Kesehatan

Dalam bidang kesehatan, flow meter digunakan untuk mengukur jumlah aliran udara saat bernapas. Biasanya digunakan oleh seseorang yang menderita asma. Jenis flow meter yang digunakan yaitu Peak Flow Meter (PFM). Alat ini berukuran kecil dan mudah digenggam. Untuk mendapatkan hasil yang akurat, maka Anda harus menggunakan alat ini sebanyak 3 kali dengan kelajuan yang sama. Selain itu, Anda juga dilarang untuk menggunakan alat yang berbeda untuk pengukurannya jika ingin hasil akurat.

  • Otomotif

Flow meter yang digunakan dalam dunia otomotif adalah air flow meter atau flow meter udara. Sesuai dengan namanya, flow meter ini berfungsi untuk mengukur jumlah aliran udara yang masuk ke dalam ruang pembakaran. Dalam alat ini terdapat sebuah katup yang akan membuka dan menutup dengan ukuran sesuai dengan jumlah udara yang masuk. Alat ini juga terhubung dengan ECU. Ketika sensor pada alat tersebut sudah mendeteksi jumlah udara maka akan mengirimkan sinyal ke ECU. Dari jumlah tersebut akan menghasilkan output tertentu.

  • Industri

Flow meter dalam bidang industri bisa digunakan dalam berbagai hal, seperti mengukur jumlah aliran air, udara, dan sebagainya. Kegagalan fungsi flow meter bisa sangat merugikan perusahaan industri karena bisa menyebabkan terjadinya pemborosan bahan baku atau gagal produksi. Itulah sebabnya, memastikan alat ini berfungsi sempurna sangatlah penting.

Nah, demikianlah penggunaan flow meter dalam berbagai bidang. Bagaimana dengan Anda, apakah pernah memanfaatkan alat ini untuk melakukan pekerjaan Anda?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *