patung garuda wisnu kencana GWS
image source: okezone

Patung Garuda Wisnu Kencana (GWK) adalah sebuah tiruan sosok Dewa Wisnu yang sedang menunggangi garuda. Menjadi titik utama taman wisata budaya bernama sama, patung ini merupakan landmark terbaru Pulau Dewata sekaligus salah satu monumen kebanggaan Indonesia. Kalau kamu sedang berencana ke Bali berbekal travel insurance barumu, yuk, simak fakta-fakta penting tentang patung GWK dalam artikel ini!

  • Tersusun dari 754 modul. Dikutip laman com, patung GWK terbentuk dari 754 modul seukuran 4×3 meter. Jika ditotal, berat patung ini sudah lebih dari 1 ton. Tidak heran bila jumlah pekerja yang mengerjakan proyek ini mencapai 1.000 orang, dengan pembagian 400 pekerja berlokasi di Bandung dan 600 pekerja berlokasi di Bali.
  • Memakan waktu 28 tahun. Waktu pembuatan landmark terbesar se-Indonesia ini dimulai sejak tahun 1989. I Nyoman Nuarta, sang seniman, mulai menggagas ide patung ini bersama Menteri Pariwisata, Pos, dan Telekomunikasi, Menteri Pertambangan dan Energi, serta Gubernur Bali pada masa itu. Sayangnya, peletakan batu pertama patung ini baru dimulai pada tahun 2013 lantaran krisis moneter tahun 1998.
  • Patung tertinggi ketiga di dunia. Patung GWK punya ketinggian 121 meter dan lebar 64 meter. Dimensi yang begitu megah ini membuatnya duduk sebagai patung tertinggi ketiga di dunia setelah The Spring Temple Buddha di Tiongkok dan The Laykyun Sekkya Buddha di Myanmar. Tak cuma itu, kemegahan patung ini juga sudah melampaui patung Liberty di New York, lho!
  • Dibangun di atas bekas lahan penambangan kapur liar. Menurut com, tanah di daerah Ungasan – tempat patung GWK berada – didominasi oleh hamparan kapur. Tentu tidak heran kalau lahan tempat dibangunnya GWK pun merupakan tanah kapur, yang dulunya adalah area penambangan liar.
  • Punya 30 lantai. Sama seperti ikon-ikon sejumlah kota lainnya, patung satu ini juga memiliki ruang-ruang yang bisa dikunjungi oleh kamu sebagai wisatawan. Kalau dihitung-hitung, total lantai dalam patung megah ini berjumlah 30. Hanya saja, kamu cuma bisa masuk hingga lantai 23 yang sudah setara dengan pundak Dewa Wisnu. Tujuh lantai lain tidak bisa kamu masuki sebab area-area itu berada di bagian kepala Dewa Wisnu – yang tentunya disucikan oleh masyarakat Hindu.

Itu dia beberapa fakta menarik tentang patung GWK di Bali. Semakin tak sabar untuk berlibur ke Pulau Dewata? Semoga liburan kamu menyenangkan, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *