Tidak sedikit yang salah kapra antara oli mobil dan oli motor sehingga tidak heran bila banyak pemilik sepeda motor masih menggunakan oli mobil sebagai oli pelumas.Lah apa bedanya? Kan sama-sama memiliki fungsi untuk melumaskan mesin kendaraan. Gak bisa dong karena oli pelumas mobil ya dibuat khusus untuk mesin mobil sedangkan oli pelumas motor khusus untuk sepeda motor. Wait, oli motor terbaik pun gak boleh digunakan untuk sepeda motor? Yap, tidak boleh.

Jika seadainnya menggunakan oli pelumas motor untuk sepeda motor kenapa? Ya, gak boleh karena ada efek sampingnya. Klo udah disebut efek samping, udah berarti punya dampak buruk atau negatif. Klo bagus mah, gak mungkin dibilang efek samping dan dilarang  untuk digunakan pada sepeda motormu.

mobil dan motorEhm, emang apa aja dampak negatif-nya sehingga para pemilik sepeda motor dilarang menggunakan oli pelumas mobil? ingin tahu? Simak penjelasan berikut biar tahu kenapa pemilik sepeda motor sangat-sangat disarankan untuk tidak menggunakan oli pelumas mobil.

Mobil dan sepeda motor memiliki jenis kopling yang berbeda. Mobil memiliki kopling kering. Disebut kering karena kopling pada mobil tidak terendam dalam pelumas. Kopling mobil memang dibuat terpisah terutama untuk jenis mobil matic. Lalu sepeda motor pakai kopling jenis apa? Kopling yang digunakan sepeda motor di Indonesia rata-rata merupakan kopling basah. Jadi bisa dibilang rata-rata kopling sepeda motor terendam oli pelumas.

Selain perbedaan pada mesin kopling antar mobil dan motor, ternyata kandungan oli pelumas mobil dan sepeda motor juga berbeda. Kebanyakan oli pelumas mobil mengandung zat Teflon yang sangat banyak. Dengan semakin banyaknya zat Teflon maka semakin tinggi tingkat kelicinan oli pelumas. Hal ini dilakukan karena kopling mobil memang bersifat kering.

Dari 2 hal ini, seharusnya telah memberikan sedikit gambar. Nah, mari dilanjutkan dulu bacanya hingga akhir ya :D.

Oli pelumas mobil yang terlalu licin bukannya membuat mesin sepeda motor awet, malahan membuatnya semakin cepat rusak. What?? Oli dengan tingkat kelicinan yang tinggi dapat membuat kopling sepeda motor menjadi selip dan menyebabkan

  • Tenaga mesin sepeda motor tidak tersalurkan degan baik
  • Tarikan sepeda motor menjadi berat
  • Boros bahan bakar

Jadi tidak boleh ya menggunakan oli mobil untuk sepeda motor non-matic. Ehm klo moto matic berarti boleh? Ada rumor oli mobil matic bisa untuk oli motor matic. Cuma untuk jelaslnya, cari info lebih banyak lagi ya! –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *