anakKesehatan buah hati tentu menjadi prioritas utama dari ibu. Menyediakan santapan dengan menggunakan resep makanan sehat variasi tentu dilakukan untuk menjaga nafsu makan anak. Selain itu, kebiasaan makan sehat harus diperkenalkan pada anak sejak usia 6 bulan. Sebab, hal tersebut akan baik untuk kesehatannya dan juga mempengaruhi selera makan anak di saat dewasa nanti.

Ada beberapa bahan makanan berikut yang harus ada dalam sajian makanan sehat bagi anak untuk mencukupi gizi serta kebutuhan tumbuh kembang.

  • Protein

Zat pembangun tubuh berikut ini tentu cukup penting bagi masa kembang anak dalam menunjang pertumbuhan serta perkembangan jaringan tubuh. Cukup mudah untuk menemukan bahan makanan yang memenuhi zat berikut ini. Ibu dapat menggunakan telur dan ikan yang cukup favorit bagi anak. Selain itu susu sapi juga dapat dijadikan sarapan pagi rutin anak. Sebagai cemilan, yogurt tentu dapat dijadikan salah satu pilihan untuk anak. Varian rasa yang berasal dari manis buah-buahan tentu dapat membua nafsu makan anak lebih baik. Ibu juga dapat mengombinasi kacangan-kacangan untuk lauk supaya mengandung gizi protein lebih tinggi.

  • Lemak

Lemak tentu dibutuhkan oleh anak dalam makanan mereka, namun harus dengan asupan yang cukup. Asam lemak omega 3 tentu dibutuhkan sebagai pengembangan otak pada bayi dan anak. Perlu diperhatikan, hindari anak mengonsumsi lemak jenuh. Ibu dapat menemukan lemak ‘baik’ di bahan makanan kacang-kacangan, minyak zaitun, telur, ikan salmon dan ikan tuna.

  • Serat

Sumber serat adalah hal wajib dalam setiap lauk. Pencernaan anak perlu untuk dijaga dengan memperbanyak konsumsi sayur, buah, sereal gandum utuh, atau kacang-kacangan. Ibu tentu dapat mencari referensi pengolahan bahan makanan sehat menjadi santapan menarik bagi anak di Internet atau buku resep.

  • Kalium

Kalium cukup penting untuk sistem saraf, keseimbangan air dalam tubuh, serta fungsi otot. Tentu ibu dapat dengan mudah menemukan sumber kalium yang baik melalui buah dan sayuran seperti pisang, melon, pepaya, alpukat, sayuran hijau, jeruk, buncis, tomat dan hal lainnya.

Tumbuh kembang anak cukup rentan. Apa yang dikonsumsi oleh anak tentu akan dengan mudah di olah dalam tubuh menjadi sebuah energi atau gizi yang terserap dalam tubuh. Ada baiknya untuk ibu tetap memperhatikan asupan anak agar terjamin dan terhindar dari makanan ‘kotor’. Selamat beraktivitas! (VIKW)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *