Klo memiliki motor 2 tak, pernah gak sih dibilang sama orang untuk pilih oli mesin dan oli samping terbaik biar motor lue tetap mantap. Wait, apa itu motor 2 tak? Eh, lue gak tahu? Oke dijelaskan dikit di sini biar pada nangkap. Motor 2 tak adalah motor yang dilengkapi dengan mesin dimana setiap cylindernya hanya perlu 1 kali pembakaran gas dan gerakan piston (zuiger) 2 kali.

Dikarenakan strukturnya, motor 2 tak memiliki jenis oli mesin dan oli mesin. Penjelasan lebih jelas pentingnya ke-2 oli ada di bawah ini, simak:

Oli Mesin

oli motorOli mesin untuk motor 2 tak hanya memiliki fungsi melumasi bagian transmisi saja. Jadi untuk mesin ini, oli mesin tidak perlu ikut melumasi silinder. Jadi tidak heran jika jangka waktu pergantian oli mesin 2 tak lebih panjang dibandingkan 4 tak.

Tunggu – tunggu, berarti mesin bagian silinder tidak terlindungi oleh oli mesing dong. Dan tanpa adanya pelumas dari oli mesin, motor bisa cepat rusak. Eits, jangan berpikir seperti itu dulu karena masih ada oli jenis ke-2 yaitu oli samping.

Oli Samping

Disebut oli samping karena tempat penyimpanan oli / tabung berada dibagian samping motor. Oli samping pada motor merupakan kebutuhan utama setiap motor karena memiliki banyak fungsi, seperti:

Sebagai Pelumas

Oli samping memiliki fungsi pelumas untuk silinder dikarenakan oli mesin untuk motor 2 tak tidak bisa melumasi bagian silinder. Dengan adanya pelumas maka mesin dapat bekerja lebih optimal atau lebih baik.

Sebagai Perlindung

Oli samping berfungsi untuk menjaga performa kerja mesin motor bagian silinder dan bagian kepala. Dengan adanya pelindungan maksimal dari oli samping pilihan, performa piston dan silinder akan lebih terjaga.  Dengan begitu, keausan pada bagian tersebut bisa terhindar. Jadi mesin motor bisa bekerja  atau digunakan untuk waktu yang lebih lama.

Jadi sekarang udah tahukan, napa oli samping itu penting bagi motor 2 tak. Untuk pemilihan oli pastikan pilih oli mesin terbaik untuk motor kesayangan. Semoga artikel informasi ini membantu –hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: