seyum keluargaUrusan menjaga kesehatan keluarga memang bukan hanya tanggung jawab seorang ibu semata. Namun, biasanya memang Andalah yang mengorganisir sebagian besar kebutuhan keluarga. Mulai dari menyiapkan pakaian, memasak sarapan, dan lain-lain. Namun, bukan berarti beban ini harus Anda tanggung sendirian, lho! Ajak suami Anda untuk berpartisipasi melindungi kesehatan keluarga juga. Seperti dengan membeli asuransi kesehatan keluarga terbaik, misalnya. Lagipula menjaga kesehatan keluarga sebenarnya mudah jika Anda mengetahui triknya. Apa sajakah?

Menata dan menjaga kebersihan dapur

Makanan merupakan hal yang penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Oleh sebab itu, pastikan tempat Anda menyiapkan makanan untuk keluarga terjaga kerapihan dan kebersihannya. Dilansir dari dekoruma, ternyata penelitian dari Cornell University menyatakan bahwa dapur yang tidak sehat bisa memicu anggota keluarga makan 15% lebih banyak dari semestinya. Maka dari itu, pastikan Anda menata dapur dengan baik agar kesehatan keluarga lebih terjaga.

Merapikan dan membersihkan tempat tidur

Tak disangka, tempat tidur juga berpotensi menjadi tempat berkumpulnya kuman. Meskipun tak kasat mata, kasur Anda bisa menyimpan beragam kuman bahkan tungau. Selain merapikan tempat tidur dan mengganti sprei kasur secara berkala, gunakanlah vacuum cleaner dengan teknologi canggih yang dapat menyedot kuman dan tungau dari tempat tidur.

Menghindari produk rumah tangga dengan kandungan kimia

Tahukah Anda? Dibalik produk-produk rumah tangga yang Anda gunakan – seperti sabun, sampo, bahkan cairan pembersih lantai, biasanya terkandung bahan kimia yang jika digunakan dalam jangka lama dapat menyebabkan risiko kesehatan. Untuk menghindarinya, pastikan Anda mengetahui mana bahan kimia yang perlu dihindari atau mengganti produk rumah tangga dengan produk organik dan alami yang lebih sehat.

Menambahkan tanaman hijau di rumah

Bukan hanya untuk dekorasi, ternyata tanaman hijau juga dapat mendukung kesehatan keluarga Anda. Pasalnya, tanaman hijau bisa berfungsi untuk mem-filter racun dan meningkatkan kualitas udara di dalam rumah Anda.

Ciptakan suasana rileks dengan memasang aromaterapi

Last but not least, Anda bisa menjaga kesehatan keluarga dengan memasang aroma terapi di rumah. Apa manfaatnya? Aromaterapi dapat menurunkan tingkat stres dan membuat pikiran lebih santai. Jangan salah, stres juga bisa menjadi faktor utama yang memicu penyakit, lho!

Semoga bermanfaat! (Rima)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *