chamomileTidur adalah salah satu kebutuhan setiap manusia. Dengan tidur, manusia bisa memiliki kualitas kesehatan yang baik. Tidur pula bisa membantu seseorang mengurangi risiko terkena penyakit-penyakit kronis, memperlancar daya kerja otak, serta meningkatkan sistem imun tubuh. Akan tetapi, semua ini bisa tercapai hanya ketika orang tersebut memiliki kualitas tidur yang baik ataupun kurang tidur. Ingat, kurang tidur itu adalah salah satu faktor menyebabkan penuaan dini loh.

Sayangnya, tidak semua orang cukup beruntung untuk bisa tidur, lama sekalipun, dan terbangun dalam keadaan yang menyegarkan. Tak heran jika ada orang yang membutuhkan bantuan obat-obatan atau media perangsang lain agar bisa tertidur nyenyak. Jika Anda sedang mengalami kondisi ini, sebetulnya ada langkah mudah yang bisa membantu meningkatkan kualitas tidur Anda, yakni dengan mengonsumsi teh sebelum tidur.

Manfaat teh chamomile menurut riset medis

Mengutip Healthline, teh chamomile sudah lama terkenal sebagai minuman herbal yang memiliki sejumlah manfaat kesehatan. Salah satu kandungan baik chamomile adalah flavon, yakni kelas antioksidan yang dapat mengurangi peradangan yang kerap mengakibatkan penyakit kronis seperti kanker dan jantung. Sejumlah penelitian juga berhasil membuktikan jika mengonsumsi teh chamomile dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, mengurangi kecemasan dan depresi, serta meningkatkan kesehatan kulit.

Beberapa sifat khas chamomile juga ternyata dapat meningkatkan kualitas tidur. Salah satunya adalah apigenin, sebuah antioksidan yang mengikat reseptor di otak agar membuat orang yang mengkonsumsinya merasakan kantuk dan akhirnya mengurangi insomnia. Sebuah studi tentang teh chamomile juga pernah dilakukan pada 34 orang dewasa. Pada penelitian ini, orang-orang tersebut diminta mengonsumsi 270 mg ekstrak chamomile sebanyak dua kali sehari selama 28 hari. Hasilnya membuktikan bahwa orang-orang ini dapat tertidur 15 menit lebih cepat dan intensitas terbangun di malam hari berkurang.

Penelitian lain juga menemukan kalau wanita yang mengonsumsi teh chamomile selama dua pekan berturut-turut memiliki peningkatan kualitas tidur daripada mereka yang tidak. Beragam riset medis di atas membuktikan manfaat baik teh chamomile yang berguna untuk meningkatkan kualitas tidur seseorang. Dengan demikian, jika Anda menginginkan adanya peningkatan pada kualitas tidur Anda, salah satu cara terbaiknya adalah dengan mengonsumsi teh chamomile sebelum tidur secara rutin.

Semoga informasi di atas bermanfaat, ya. (AP)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *