televisiSetelah bekerja seharian, pasti keinginan untuk bersantai di rumah sangatlah besar. Salah satu cara bersantai di rumah yang paling sering dilakukan selepas bekerja adalah menonton TV. Merebahkan diri di depan rak TV minimalis ditambah dengan camilan ringan memang merupakan momen yang sangat amat dinanti-nanti setiap hari. Bagaimana tidak, televisi tidak pernah berhenti menayangkan acara-acara menarik setiap harinya sehingga dapat membuat kamu dapat melepaskan pikiran stres dan beban. Namun, tidak banyak yang menyadari bahwa menonton TV dengan cara yang salah dapat membuat mata kamu sakit. Nah, untuk mencegahnya kamu dapat membaca artikel ini untuk mengetahui apa saja yang harus dilakukan agar terhindar dari risiko sakit mata akibat menonton TV.

Mengatur refresh rate per second televisi

Refresh rate per second ini diukur dalam hertz atau Hz dan merupakan angka yang mewakili jumlah refresh gerakan gambar di televisi. Dengan fresh rate yang tepat, setiap detiknya, putaran gambar yang ada di televisi dapat disegarkan kembali dengan lebih lancar dan tanpa hambatan agar tidak merasa terganggu dan mudah untuk dicerna oleh mata.

Memperhatikan jarak mata ke TV

Mungkin hal yang satu ini merupakan hal yang sudah banyak diketahui oleh banyak orang. ya, menonton TV dengan jarak dekat memang sangat tidak bak untuk penglihatan. Hal ini dikarenakan, menonton TV dengan jarak dekat dapat membuat mata menjadi tegang dan lelah. Jika hal ini dibiasakan, maka kerusakan permanen pada mata dapat terjadi dan tidak bisa dihindari.

Sudut cahaya terhadap monitor

Sama halnya dengan jendela, kamu juga dapat mengurangi refleksi sinar masuk di televisi. Untuk melakukannya, kamu dapat menempatkan televisi dengan sudut 90 derajat dari sumber cahaya ruangan. Dengan cara ini, kamu tidak akan mendapatkan pantulan sinar atau cahaya yang dapat membuat kamu kesulitan untuk melihat televisi yang dapat membuat mata kamu sakit dan lelah.

Memperhatikan pencahayaan ruangan

Menonton televisi di ruang yang gelap sudah pasti merupakan hal yang sangat tidak baik untuk dilakukan. Kurangnya pencahayaan dapat membuat otot mata kamu harus bekerja secara ekstra keras untuk mengatur sinar agar masuk ke dalam bola mata. Maka dari itu, tambahkanlah pencahayaan di dalam ruangan yang gelap agar mata dapat melihat televisi dengan jelas tanpa harus memaksanya untuk bekerja lebih keras.

Demikianlah sederet hal-hal yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi risiko sakit mata akibat menonton TV. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *