atap rumahKetika kamu baru saja membeli rumah kota wisata Cibubur, hal pertama yang kamu pikirkan pasti adalah mendesain ulang rumah agar terlihat cantik dan nyaman untuk dihuni. Padahal, salah satu hal yang sangat amat penting untuk diperhatikan adalah keadaan atap rumah yang melindungi semua aspek rumah agar tidak terkena panas apalagi hujan. Berbicara tentang hujan, sejumlah persiapan sangat harus dilakukan untuk menjaga atap agar tidak rembes ataupun bocor sehingga tidak mengganggu aktivitas yang kamu lakukan di dalam rumah. Untuk menyiasatinya, ada beberapa tips dan trik yang sebenarnya dapat kamu lakukan untuk memastikan atap rumah kamu tidak bocor dan rembes. Untuk mengetahuinya lebih lanjut, simak artikel di bawah ini lebih lanjut, ya!

Perbaiki atap yang rusak

Yang pertama, silakan periksa kondisi atap rumah dan pastikan juga tidak ada kerusakan apapun yang dapat menyebabkan rembes. Kondisi genteng di rumah seharusnya berada dalam kondisi yang kuat dan merekat dengan kencang pada rangka agar tak mudah terlepas ketika ada angina kencang. Pastikan juga atap rumah kamu diperiksa secara rutin.

Periksa kondisi plafon

Plafon rumah yang sudah mengalami pelapukan akibat lembap dan kerusakan juga data mengakibatkan rembesnya air hujan ke dalam rumah. Maka dati itu, periksalah kondisi plafon secara rutin agar saat musim hujan datang, rumah kamu tidak akan mengalami masalah rembes yang dapat membuat kamu sangat repot.

Periksa kemiringan atap

Tidak hanya kondisinya saja, kemiringan atap pun juga harus diperhatikan agar dapat menangkal air hujan saat tertiup angina kencang dan juga mengurangi risiko terjadinya rembes atau bocor. Usahakanlah kemiringan atap tidak terlalu landau sekitar 25 hingga kurang dari 40 derajat.

Pasang talang air

Salah satu hal lainnya untuk meminimalisir kebocoran pada saat musim hujan adalah dengan memilih ukuran dan bentuk talang air pada pinggir atap. Jangan lupa juga untuk membersihkan talang atap secara rutin karena bisa saja tumpukan sampah seperti daun kering menghambat saluran air yang juga dapat menyebabkan kebocoran.

Gunakan pelapis anti bocor

Pelapis bocor yang paling umum dan sering digunakan adalah cat pelapis anti bocor. Dengan menggunakan ini, kamu sudah memberikan pertolongan instan untuk mengatasi rembes.

Itu dia beberapa tips dan trik yang dapat kamu lakukan untuk mengurangi risiko atap rumah bocor. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *