In App Purchase -IAPMeskipun harus mengeluarkan sejumlah uang, banyak orang yang tidak masalah asalkan bisa memainkan game favoritnya. Apalagi saat ini sudah tersedia situs untuk membeli voucher game online termurah seperti Pasargame yang menyediakan berbagai voucher untuk berbagai game online dengan harga terjangkau. Dengan begitu, kamu bisa lebih hemat saat perlu membayar IAP atau In App Purchase.
IAP, itu apa sih? Hmm, mungkin beberapa dari kamu masih bertanya-tanya mengenai istilah ini. Padahal, bisa jadi kamu sudah sering membelinya. Nah, supaya tidak bingung lagi, langsung saja kita bahas lebih detail mengenal istilah ini.

IAP atau In App Purchase adalah transaksi pembelian yang dilakukan setelah proses install aplikasi selesai dilakukan. Artinya, kamu bisa menginstall aplikasi game tanpa perlu mengeluarkan biaya, tetapi saat kamu membutuhkan konten atau item tertentu, kamu akan diminta untuk membayar. Misalnya saja pembelian nyawa untuk beberapa game yang membutuhkan nyawa agar bisa dimainkan, pembelian senjata khusus, dan sebagainya.

In App Purchase pertama kali dikembangkan oleh Apple tetapi saat ini sudah banyak juga game PC maupun android yang menggunakan sistem ini. Apalagi dengan banyaknya game dengan model freemium. Setidaknya dengan adanya IAP ini, kamu masih tetap bisa menginstall game favoritmu meskipun dengan beberapa keterbatasan pada fiturnya. Sementara untuk developer, IAP ini bisa menjadi sumber pendapatan yang menjanjikan jika dibandingkan dengan menerapkan biaya untuk pembelian game. Sebab, pengguna bisa memainkan game-nya terlebih dahulu dan mungkin saja akan tertarik untuk membeli IAP ini. Sementara jika harus membayar sebelum memainkannya, maka banyak yang berpikir lama dulu untuk membelinya karena takut menyesal akibat tidak sesuai dengan harapan.

Pembayaran IAP ini dilakukan dengan menggunakan voucher dan juga kartu kredit. Untuk pembayaran menggunakan voucher, kamu hanya perlu memasukkan kode voucher. Sementara untuk kartu kredit, kamu harus memasukkan data kartu kreditmu terlebih dahulu. Namun bagi kamu yang menggunakan sistem pembayaran kartu kredit ada baiknya jika tidak menyimpan data kartu kreditmu di dalam game. Sebab sangat berisiko terkena pembobolan kartu kredit oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Atau bisa jadi, ketika ada yang menggunakan akunmu untuk bermain, mereka membeli IAP ini sesuka hatinya. Inilah salah satu alasan mengapa banyak orang yang lebih senang membayar menggunakan voucher daripada kartu kredit karena dinilai lebih aman.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: