fit hoseAda banyak komponen yang akan digunakan dalam industri apapun, khususnya yang bergerak dalam bidang produksi barang. Semua komponen tersebut memiliki peran yang sangat penting, tidak hanya untuk kelancaran produksi saja, tetapi juga berkaitan dengan keselamatan pekerja pabrik. Salah satu komponen penting yang pasti ada pada setiap pabrik yaitu hose fitting hydraulic Indonesia.

Seperti umumnya komponen lain, hose fitting juga memiliki beberapa tipe, yaitu permanent dan reusable. Lalu, apa sih perbedaan antara keduanya? Berikut ini penjelasannya.

Permanent

Permanent hose fitting adalah hose fitting yang digunakan dengan cara memasang ke selang atau hose menggunakan sekrup sehingga bersifat permanen. Pemasangannya bisa dilakukan dengan cepat dan mudah, serta kuat. Biasanya digunakan untuk aliran material berbentuk cairan. Untuk crimped hose fitting yang merupakan salah satu jenis permanent hose fitting pemasangannya akan membutuhkan peralatan khusus yaitu crimping atau swaging equipment. Namun, apapun jenis permanent hose fitting yang digunakan, pemasangannya harus dilakukan oleh seorang profesional karena ketika terjadi kegagalan pemasangan, maka hose fitting tersebut tidak lagi bisa digunakan.

Reusable

Reusable hose fitting bukan berarti hose fitting bekas yang kemudian dijual agar bisa digunakan ulang. Melainkan hose fitting yang dapat dibongkar dan dipasang kembali ketika dibutuhkan. Misalnya ketika selang mulai rusak maka hose fitting dapat dilepas dan kemudian dipasang pada selang baru. Itulah sebabnya hose fitting ini dikatakan reusable. Pemasangan hose fitting ini harus sangat diperhatikan agar kuat dan tidak akan lepas pada saat digunakan untuk mengalirkan material tertentu.

Di antara dua tipe di atas, reusable hose fitting mungkin terdengan lebih banyak menguntungkan karena dapat dibongkar pasang. Namun industri justru mulai banyak yang beralih ke permanent hose fitting. Alasannya karena permanent hose fitting lebih murah dan lebih mudah dipasang daripada reusable hose fitting.

Hal lain yang perlu diperhatikan yaitu, meskipun memiliki bentuk yang terlihat serupa, tetapi Anda harus memastikan bahwa hose fitting yang dipilih sesuai dengan selang yang digunakan dalam industri Anda. Sebab setiap hose fitting sudah memiliki ketentuan pasti mengenai selang yang dapat dipasangkan pada sebuah hose fitting.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *