anak menariApakah ketika mendengar melodi, anak Anda suka menari dan mengikuti irama? Biarkan ia bebas menari menggerakkan tubuhnya. Sebab, menari mendatangkan banyak manfaat untuk tumbuh kembang anak. Bahkan kalau perlu ajaklah anak-anak ke tempat bermain bersama keluarga yang menyediakan fasilitas untuk menari dan mengekspresikan kreativitasnya. Bukan hanya menyenangkan, ternyata menari dapat memberi banyak manfaat,terutama bagi anak usia dini. Berikut ini beberapa di antaranya:

Menumbuhkan kreativitas

Biasanya anak-anak menari dengan melakukan gerakan-gerakan sederhana atau meniru gerakan tari seseorang. Namun, saat ia membuat gerakan tari sendiri, di sini lah kreativitas anak akan terasah. Jika ia sudah terbiasa menari, ia akan dapat menciptakan gerakkannya sendiri seiring dengan melodi yang ia dengarkan.

Meningkatkan rasa percaya diri

Ketika anak telah menguasai gerakan-gerakan tari, secara otomatis rasa percaya dirinya akan meningkat. Terutama ketika ia tampil di depan banyak orang. Rasa percaya diri ini sagat penting dalam membantu perkembangan dan pertumbuhan anak. Jika anak percaya diri, biasanya ia cenderung lebih banyak mencoba hal baru dan mengekspresikan dirinya, bahkan di depan publik sekalipun.

Melatih kedisiplinan

Jika anak Anda dengan serius menekuni seni tari, maka menari juga bisa melatih kedisiplinannya. Baik dengan tutor atau belajar sendiri, menari membutuhkan proses agar bisa sempurna. Nah, untuk menampilkan tarian yang bagus, anak Anda harus rutin dan disiplin mengikuti jadwal latihan yang sudah ditetapkan selama berminggu-minggu atau bahkan bertahun-tahun.

Memperkuat daya ingat

Ternyata menari merupakan salah satu cara yang ampuh untuk memperkuat daya ingat anak. Sebab, mau tidak mau ia harus menghafal koreografi tari, baik dari segi gerak, komposisi, tempo, dan eskpresi. (Source: balistung.com)

Nah, kalau Anda ingin mencoba melatih anak untuk menari di depan umum, ajak saja ia bermain di KidZania. Di sana ada establishment studio tari yang memberikan kesempatan anak untuk berperan sebagai penari profesional. Selama 30 menit, anak-anak akan dilatih untuk menghafalkan koreografi, kemudian mereka akan diarahkan untuk pentas di atas panggung teater KidZania dan menampilkan tariannya di depan banyak penonton. Semoga bermanfaat! (Rima)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *