Dalam memulai sebuah usaha tidaklah gampang karena belum tentu setiap orang memiliki modal yang cukup. Misalnya saja mereka yang baru pertama mendirikan usaha, atau ide bisnis para mahasiswa yang tentu saja sulit diwujudkan karena sulit menyisihkan dana di sela-sela kuliah. Namun, saat ini dengan adanya program pinjaman modal usaha kecil, pemerintah berharap calon-calon pengusaha ini bisa mendapatkan kemudahan dalam mendapatkan modal usaha. Oke, masalah modal ada jalan tapi gimana dengan ide usaha yang ingin digeluti? Salah satu usaha yang mungkin bisa dipertimbangkan adalah jajanan kaki lima atau cemilan.

Saat ini jajanan kaki lima yang sedang booming adalah jajanan kaki lima Korea selain jajanan kaki lima Indonesia. Beberapa jajanan kaki lima Korea yang bisa menjadi pilihan adalah

Hot Bar

Hot BarSiapa yang suka sosis goreng? Bagi orang yang suka sosis goreng, Hot Bar merupakan jajanan yang wajib dicoba. Hot Bar biasa dibaca menjadi hat baa mirip dengan sate. Yang membedakan dengan sate adalah isisnya yang beraneka macam seperti sosis, kue beras, kulit tahu, campuran seafood dan sayur. Biasanya saat akan disantap, makanan ini ditemanin dengan saus tteokbokki, saus tomat atau saus mustard. Makan saat panas-panas, pasti nikmat.

Odeng

OdengSaat cuaca dingin, pastikan ingin mengkonsumsi makanan berkuah. Salah satu jajanan yang populer di Korea saat cuaca dingin adalah Odeng atau dikenal juga dengan nama Eomuk. Odeng bisa diterjamkan secara harafia sebagi fish cake. Seperti namanya, Odeng terbuat dari campuran daging ikan, tepung dan bumbu. Ya bisa dibilang mirip kaya otak-otak atau bakso ikan yang bisa ditemukan di Indonesia. Adonan yang sudah jadi akan ditusuk dengan tusuk sate lalu direbus di dalam kaldu sayuran. Kaldu sayuran ini dibuat dengan campuran bumbu dan lobak / rumput laut. Agar kaldu terasa lebih lezat, beberapa pedagang menambahkan kepiting, gurita, cabe atau bumbu lainya saat pembuatan kaldu.

Bbopki

BbopkiBbopki terkenal sebagai gulali Korea yang berbentul bulat, kripsi, rapuh dan tipis. Untuk membuatnya menjadi renyah, biasanya para penjual mencampurkan larutan gula dengan baking soda. Saat memasaknya, para penjual memasaknya dengan cetakan bulat agar bentuknya bulat sempurna. Sesaat sebelum gulali mulai dingin, bagian tengahnya akan dicap dengan berbagai bentuk lucu sepertu bintang, bunga, salib, hati atau bentuk lainnya.

Bentuk yang ditengah gulali ini bukan hanya hiasan biasa. Bagian tengah ini bisa dijadikan sebuah permainan atau lomba dimana pera pembeli harus secara ekstra hati-hati dalam mengkonsumsi permen ini agar bisa menyisahkan bagian tengah dengan utuh. Tentu ini tidak mudah, mengingatk gulali ini sangat rapuh dan tipis.

Ini adalah 3 contoh jajanan kaki lima Korea yang mungkin bisa kamu jadikan sebagai inspirasi untuk membangun usaha jajanan kaki limamu. Bagi kamu yang lebih suka membuka usaha cafe, ada juga oleh contoh 3 cafe unik Korea yang bisa menjadi inspirasi. Semangat dan jangan menyerah saat membangun sebuah usaha–hm-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *