buku dan anakMemiliki anak yang gemar akan membaca buku demi masa depannya yang cemerlang pasti merupakan keinginan setiap orang tua. Memang tidak bisa dipungkiri faktanya anak lebih senang untuk bergerak bebas apalagi pada saat mengunjungi tempat bermain anak dan keluarga dibandingkan duduk diam dan membaca buku untuk beberapa waktu. Namun, membangun ketertarikan anak untuk membaca juga merupakan hal yang sangat penting karena bagaimana pun anak akan dihadapkan dengan tugas-tugas dan kegiatan belajar di sekolah yang mengharuskannya untuk membaca.

Salah satu cara yang dapat orang tua lakukan untuk meningkatkan ketertarikan anak dalam membaca adalah dengan membacakannya cerita sebelum si kecil hendak tidur pada malam hari. namun, tidak semua buku cerita mengandung konten yang cocok untuk diceritakan ke si kecil. Untuk mengetahui apa saja yang harus diperhatikan saat akan memilih buku cerita untuk anak, simak artikel ini lebih lanjut.

Konten yang tepat dengan umur anak

Saat Anda sedang berbelanja buku untuk dibeli, jangan lupa untuk memperhatikan umur yang ditujukan dari buku tersebut. Biasanya, buku yang ditujukan untuk anak umur 3 tahun akan berbeda dengan buku yang dibuat untuk anak berumur 6 tahun. Hal ini dikarenakan konten yang terdapat di dalam buku anak berumur 6 tahun akan lebih kompleks untuk dimengerti anak yang berumur dibawahnya. Maka dari itu, sesuaikanlah umur anak Anda dengan buku yang hendak akan dibeli.

Berikanlah buku yang berisikan banyak gambar agar anak lebih tertarik

Biasanya, anak-anak akan menjadi lebih tertarik untuk membaca buku jika terdapat banyak gambar di dalamnya yang dapat merangsang anak untuk menjadi lebih penasaran. Selain itu, dengan adanya gambar-gambar menarik yang ada di dalamnya akan mengasah dan meningkatkan daya imajinasi anak. dengan begini, anak akan menjadi lebih mengerti dan paham akan cerita yang sedang disampaikan.

Berisikan pesan moral

Selain hal-hal di atas, jangan lupa juga untuk memperhatikan konten yang terdapat di dalam buku yang akan hendak dibeli. Akan lebih baik jika cerita yang disampaikan di dalam buku tersebut memiliki pesan moral tersendiri yang dapat dipelajari oleh si kecil. Pilihlah cerita yang menumbuhkan empati, penghargaan pada keberagaman, pertemanan dan juga nilai moral lainnya untuk dipetik olehnya.

Itu dia beberapa hal yang perlu Anda lakukan dan perhatikan sebelum membeli buku untuk dibaca oleh si kecil. Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *