motor matic
image source: Automotive – IDN Times

Sudah menjadi rahasia umum jika motor matic merupakan salah satu kendaraan yang paling mudah untuk dikendarai. Bahkan seseorang yang masih awam dengan kendaraan sekalipun bisa dengan mudah mengendarainya tanpa halangan. Untuk perawatannya pun cukup terbilang mudah, bahkan penggantian oli untuk motor matic pun dapat dilakukan sendiri di rumah. Atas berbagai alasan inilah, banyak masyarakat yang pada akhirnya memilih motor matic sebagai transportasi untuk menunjang aktivitas harian mereka.

Nah, bagi Anda yang baru saja memiliki motor matic dan belajar mengendarainya, ada beberapa tips yang bisa Anda simak. Terutama ketika menghadapi jalan yang menurun. Cek selengkapnya ya!

  1. Perhatikan posisi gas

Melansir dari situs Suzuki, patut diingat bahwa motor matic memiliki sistem persneling otomatis. Untuk itu, ketika menghadapi jalur menurun, tidak disarankan untuk langsung mengosongkan gas ketika melewati jalan turunan.

Hal ini disebabkan karena bisa membuat motor hilang kendali dan membahayakan pengemudi serta pengguna jalan lainnya. Bahkan, melakukan kebiasaan ini dapat merusak motor matic Anda. Untuk itu, ada baiknya kurangi laju gas perlahan dan jangan biarkan sampai kosong.

  1. Siaga memegang handle rem

Tips berikutnya yang bisa diterapkan adalah memosisikan kedua tangan pada handle rem. Pastikan grip atau genggaman Anda sudah nyaman, sehingga jika dibutuhkan untuk mengerem sewaktu-waktu, Anda tak perlu kaget karena sudah siaga.

  1. Prioritaskan rem depan

Masih berkaitan dengan pembahasan rem, disarankan untuk lebih memprioritaskan rem depan dibanding rem belakang saat menghadapi jalan menurun. Hal ini disebabkan karena rem depan dapat menahan daya dorong motor ke depan, sementara rem belakang berfungsi sebagai penyeimbang.

  1. Manfaatkan kaki kanan sebagai penyeimbang

Terakhir, manfaatkan kaki kanan untuk menyeimbangkan motor saat melewati turunan. Ketika menghadapi turunan yang cukup tajam, pengendara seringkali mengalami hilang kendali. Oleh sebab itu, manfaatkan kaki kanan sebagai penyeimbang untuk menopang motor.

Itu dia beberapa tips yang bisa Anda lakukan ketika menghadapi jalan yang menurun. Yang pasti, tetap siaga untuk memegang kendali rem dan tetap fokus menghadapi jalan, ya. Semoga bermanfaat dan semoga membantu!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *