nonton youtubeKini, menonton Youtube tidak hanya melalui tablet, handphone, PC atau laptop saja, lho. Namun, bisa pula melalui 4K UHD TV terbaik yang sudah dilengkapi dengan “anyview cast” sehingga bisa langsung ditonton tanpa menggunakan kabel. Meskipun demikian, untuk kamu yang televisinya belum dilengkapi dengan fitur tersebut mungkin akan kesulitan menonton Youtube di televisi.

Namun, tidak usah khawatir, kini banyak lho perangkat yang bisa digunakan sebagai media penghubung agar kamu bisa menonton Youtube, berikut di antaranya:

  • Gunakan kabel HDMI. Kabel HDMI merupakan salah satu kabel yang biasa digunakan sebagai media penyambung ketika ingin menonton Youtube melalui televisi. Selain mudah, menggunakan media ini terbilang murah, sehingga kamu tidak perlu mengeluarkan uang banyak ketika ingin memanfaatkannya. Terdapat beberapa kabel HDMI yang bisa digunakan untuk menyambungkan perangkat ini ke televisi, yakni tipe A, tipe C, dan tipe D. Untuk tipe A atau regular biasa digunakan untuk menyambungkan perangkat konsol ke televisi, tipe C atau mini HDMI kerap dipakai untuk penyambung televisi ke handphone maupun tablet, sedangkan tipe D atau micro HDMI memiliki fungsi sama dengan tipe C. Penggunaan kabel ini terbilang mudah, tinggal mencolokkan kabel ke TV pintar dan perangkatmu.
  • Chromecast. Dilihat dari segi fungsi, perangkat Chromecast ini memiliki fungsi sama dengan kabel HDMI, di mana sama-sama dimanfaatkan sebagai media penghubung smartphone ke televisi. Namun, bedanya perangkat besutan Google ini membutuhkan wireless ketika pengoperasiannya. Cara penggunaannya pun terbilang mudah, kamu tinggal mencolokkan chromecast ke port HDMI televisi dan smartphone. Pastikan, kamu sudah mengunduh aplikasi chromecast di handphone, kemudian tinggal menyambungkannya ke televisi.
  • Miracast. Jika dilihat sekilas, perangkat ini memang terlihat mirip dengan flash disk, namun fungsinya adalah menyambungkan televisi dengan handphone pintar. Bagaimana cara menggunakannya? Cukup dengan menyolokkan perangkat ini ke televisi, kemudian atur settingan di handphone dengan mengambil menu setting – display – wireless mirroring or cast screen dan ubah langsung ke fitur on. Tunggulah sampai muncul daftar jaringan miracast, jika sudah muncul tinggal memencet fitur tersebut dan tunggu sampai televisi dan handphone terhubung. Kemudian, barulah perangkat ini bisa digunakan untuk menonton Youtube di televisi.
  • Set Top Box. Berbeda dengan sebelumnya, khusus untuk perangkat Set Top Box ini biasanya kerap dipakai pada layanan internet televisi. Di mana, jika televisi dilengkapi dengan perangkat ini, maka bisa langsung digunakan untuk menonton Youtube tanpa menggunakan perangkat tambahan seperti kabel HDMI. Namun, untuk harganya sendiri perangkat ini masih terbilang cukup mahal.

Itulah beberapa perangkat yang bisa digunakan sebagai media penghubung menonton Youtube di TV. Namun, pastikan televisi kamu memiliki port atau slot untuk mencolokkan semua perangkat tersebut!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *