lambung
image source: Pitara

Kalian mungkin sudah sering mendengar tentang asam lambung. Seringkali, asam lambung ini dikaitkan dengan penyakit pada saluran pencernaan. Hal ini wajar, sebab cukup banyak penyakit yang memang disebabkan oleh cairan tersebut. Bahkan, ada yang rutin membawa obat penyakit lambung kemanapun pergi, agar masalah pencernaan akibat asam lambung dapat segera teratasi ketika kambuh.

Meskipun dapat menjadi penyebab berbagai penyakit, ternyata sebenarnya asam lambung memiliki manfaat penting untuk pencernaan, loh! Nah, supaya tidak selalu memandang negatif cairan ini, yuk kenali lebih jauh tentang asam lambung ini.

MANFAAT

Menurut situs alodokter, asam lambung merupakan cairan lambung yang terdiri dari air, asam klorida, pepsin, faktor intrinsik, elektrolit (kalium, natrium, fosfat, sulfat, bikarbonat, dan kalsium), lendir, dan zat organik (pepsin, protein, dan lendir). Cairan ini berfungsi untuk menyerap nutrisi dari makanan yang masuk, seperti zat besi, kalsium, dan vitamin B12. Selain itu, cairan ini juga memiliki peran untuk membunuh bakteri atau bibit penyakit yang masuk bersama makanan. Tanpa adanya cairan ini, maka proses penyerapan nutrisi dan pembunuhan bakteri akan menjadi terganggu.

BAHAYA

Akan tetapi, sesuai dengan yang disebutkan sebelumnya, asam lambung juga bisa menjadi sumber penyakit. Hal ini, bisa terjadi jika produksi asam lambung mengalami peningkatan akibat dipicu oleh beberapa hal, misalnya makanan yang dikonsumsi. Akibatnya, lapisan pelindung dinding lambung tidak bisa menahan asam lambung ini dan akhirnya terjadilah iritasi atau peradangan pada dinding lambung, atau yang biasa kita kenal dengan sakit maag. Dalam kondisi yang parah, iritasi akibat terkikisnya lapisan dinding lambung karena asam lambung ini bisa menyebabkan luka yang cukup parah atau yang dikenal dengan tukak lambung. Jika sudah sampai tahap ini, maka masalah asam lambung tidak bisa diabaikan dan harus segera ditangani oleh dokter spesialis. Sebab, bisa berisiko menyebabkan terjadinya pendarahan. Itulah alasannya, ketika sakit maag terjadi harus segera diatasi dengan konsumsi obat, atau cara alami jika tidak ingin mengonsumsi obat. Misalnya dengan biji alpukat yang ternyata banyak manfaat, termasuk untuk mengatasi sakit maag.

Selain pada dinding lambung, asam lambung juga bisa menyebabkan iritasi pada area kerongkongan jika naik ke area tersebut, atau yang lebih dikenal dengan GERD. Dalam kondisi yang tidak terlalu parah, GERD hanya menimbulkan gejala tidak nyaman pada kerongkongan, dan nyeri pada ulu hati. Akan tetapi, jika masalah ini tidak segera diatasi, maka bisa berkembang pada penyakit yang lebih parah, seperti kanker kerongkongan.

Berdasarkan penjelasan di atas, bisa disimpulkan bahwa asam lambung akan bermanfaat jika berada dalam level normal dan tetap berada di tempat yang seharusnya, yaitu lambung. Untuk menjaganya agar tetap seperti itu, satu-satunya cara yang bisa dilakukan adalah dengan mengonsumsi makanan sehat yang tidak memicu peningkatan produksi asam lambung, dan juga makanan yang tidak berefek pada melemahnya otot LES (penyebab GERD). Semoga bermanfaat! (Vita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *