diabetesDilansir dari alodokter, Diabetes adalah penyakit yang berlangsung lama atau kronis serta ditandai dengan kadar gula (glukosa) darah yang tinggi atau di atas nilai normal. Glukosa yang menumpuk di dalam darah akibat tidak diserap sel tubuh dengan baik dapat menimbulkan berbagai gangguan organ tubuh. Tidak heran jika setiap penderitanya memiliki alat cek gula darah di rumah demi mengetahui kadar gula yang terkandung di dalam darahnya sehingga dapat mengontrol asupan makanan yang masuk ke dalam tubuh.

Pasti tidak heran jika banyak penderita diabetes yang tidak memakan makanan manis sama sekali. Padahal tidak selamanya semua makanan manis haram untuk dikonsumsi para penderita diabetes, lho. Simak artikel ini untuk mengetahui makanan manis apa saja yang tidak membahayakan kesehatan penderita diabetes.(source:liputan6)

Buah-buahan

Makanan alami yang satu ini memang pada dasarnya memiliki kadar kemanisan yang cukup tinggi namun tidak berbahaya sama sekali. Kamu bahkan bisa membuatnya menjadi smoothies agar lebih menarik tapi ingat, jangan ditambahkan gula sama sekali. Biarlah manis yang kamu rasakan datangnya dari buah saja. Jika ingin lebih aman, kamu juga dapat mengonsumsi buah-buahan dengan kadar glikemik yang rendah seperti pisang, apel dan kiwi. Hindari juga untuk mengonsumsi buah-buahan yang berasal dari kalengan atau manisan.

Granola

Makanan yang satu ini adalah makanan campuran yang berasal dari oat, kacang-kacangan, buah-buahan kering hingga madu. Granola sangat aman untuk dikonsumsi oleh penderita diabetes karena di dalamnya memiliki kandungan serat tingga yang berasal dari kacang-kacangan. Tidak hanya bikin kenyang, granola juga dapat memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh.

Yoghurt

Makanan yang berasal dari olahan susu sapi ini memiliki kalsium dan protein yang banyak bagi tubuh. Memakan yoghurt dapat menunda lapar sekaligus menambah energi. Meskipun dapat dikategorikan sebagai makanan yang cukup aman untuk penderita diabetes, kamu tetap harus memperhatikan jumlah yang dikonsumsi.

Biskuit gandum

Biskuit yang biasanya ada di pasaran memang mengandung banyak gula. Namun salah satu biskuit yang aman untuk penderita diabetes adalah biskuit gandum. Biskuit yang berbahan dasar gandum memiliki kandungan serat alami yang dapat membuat kamu kenyang saat menikmatinya tanpa harus khawatir kadar gula kamu naik. Serat alami ini dapat melindungi tubuh dari penyakit jantung, diabetes, kelebihan berat badan dan penyumbatan pada saluran darah.

Nah itu dia, beberapa makanan manis yang tidak akan membahayakan kadar gula di dalam darah kamu untuk naik. Agar lebih aman, pastikan bahwa kandungan yang berada di dalam makanan tersebut memang bebas dari gula dengan mengecek bahan-bahan yang tertera di bungkusnya, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *