antibodiSalah satu hal penting yang perlu dijaga saat masa pandemi seperti sekarang ini adalah imun tubuh. Ketika imun tubuh baik, virus akan lebih sulit untuk mengacaukan pertahanan tubuh. Biarpun kamu sudah punya asuransi kesehatan individual, memelihara kebugaran jiwa dan tubuh tetap perlu dilakukan, lho. Sebab, kamu tidak mau sampai tertular penyakit, kan?

Nah, supaya bisa punya imun yang selalu bagus, mulai rajin untuk konsumsi beberapa macam makanan dan minuman berikut, yuk!

  • Teh. Dilansir dari laman OnHealth, teh kaya akan kandungan antioksidan bernama polifenol dan flavonoid. Senyawa kimia dan kelompok pigmen tumbuhan ini terkenal baik untuk meningkatkan fungsi imun tubuh. Oleh sebab itulah, tumbuhan ini menjadi salah satu minuman yang baik untuk dikonsumsi demi menjaga imun tubuh.
  • Bayam. Tanaman hijau ini dicap sebagai ‘superfood’ atau makanan yang kaya nutrisi dan manfaat. Seperti yang dituliskan dalam situs OnHealth, sayuran ini mempunyai kandungan asam folat, vitamin A, vitamin C, serat, magnesium, dan besi yang melimpah. Semua nutrisi inilah yang membuat konsumsi bayam baik untuk tingkatkan imun tubuh.
  • Jamur kancing. Kamu suka jamur? Perbanyaklah konsumsi jamur jenis jamur kancing. Sebab, tumbuhan ini kaya akan selenium dan vitamin B seperti riboflavin dan niasin. Kedua mineral dan vitamin yang dimiliki jamur kancing ini merupakan zat yang diperlukan oleh sistem kekebalan tubuh untuk bekerja dengan baik. Tak hanya itu, jamur pada umumnya juga kaya akan kandungan polisakarida, molekul seperti gula yang berfungsi untuk meningkatkan fungsi imun.
  • Semangka. Buah tinggi kandungan air ini ternyata juga bagus dikonsumsi untuk tingkatkan imun tubuh, lho. Pasalnya, 500 ml jus semangka mengandung sekitar 270 mg kalium, 30% kebutuhan harian vitamin A, serta 25% kebutuhan harian vitamin C. Selain itu, semangka juga memiliki kandungan vitamin B6 dan glutation yang cukup. Semua vitamin, nutrisi, dan senyawa inilah yang menjadi sumber kekebalan tubuh manusia.

Itulah dia 4 makanan dan minuman yang baik untuk meningkatkan imun tubuh. Jangan lupa jaga tubuhmu dan kesehatanmu, ya! Semoga informasi dalam artikel di atas bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *