hose fitting hydraulicHydraulic hose atau dikenal dengan nama selang hidrolik merupakan salah satu jenis selang yang kerap digunakan di bidang industri seperti pertambangan, kontruksi, pertanian, minyak dan gas, dan lain sebagainya. Selang jenis ini terbuat dari bahan karet, teflon, dan termoplastik sehingga tidak akan mudah terkelupas meski mengalirkan cairan yang bersifat panas sekalipun. Untuk merakit selang ini dibutuhkan tips memasang hydaraulic hose yang tepat dan perlu menggunakan fitting yang bisa dibeli di berbagai toko yang menjual hose fitting hydraulic Indonesia.

Dengan adanya alat penyambungan ini, maka akan semakin menguatkan pemasangan selang pada mesin hidrolik. Bicara mengenai selang hidrolik, maka ada beberapa tipe dari selang hidrolik yang wajib diketahui terlebih dahulu, cekidot:

  • Selang Hidrolik PTFE (PTFE Hydraulics Hose). Salah satu tipe dari selang hidrolik adalah Hidrolik PTFE. Selang ini terbuat dari bahan teflon atau politetrafluoroetilena (PTFE) sehingga tahan terhadap abrasi, bahan kimia, hingga cuaca ekstrem. Tidak hanya itu, selang satu ini pun memiliki koefisien gesekan rendah, tidak mencemari lingkungan, tahan terhadap cuaca dingin maupun panas, awet dan tahan lama. So, sangat direkomendasikan untuk digunakan.
  • Spiral Wire Hose. Selain itu, ada pula selang Spiral Wire Hose. Sama halnya dengan selang hidrolik PTFE, selang ini pun tahan terhadap cuaca buruk, awet, dan bisa dipakai hingga beberapa tahun setelah pembelian. Menariknya, selang ini dilengkapi dengan mur segimpat dan segienam sehingga saat dipasang pada mesin hidrolik tidak akan longgar.
  • Selang Termoplastik (thermoplastic hose). Selang termoplastik merupakan jenis selang yang dipakai untuk menyalurkan cairan hidrolik dan minyak bumi. Tidak jauh berbeda dengan selang sebelumnya, selang ini tidak akan rusak meski cuaca sedang panas maupun hujan, tidak mudah tergores, dan awet. Bagaimana? Bagus, bukan?
  • Selang Rem Udara/Selang Udara Terkompresi (Air Brake/Compressed Air). Jika dilihat sekilas, selang ini memang terlihat hampir mirip dengan selang termoplastik. Namun, bedanya, bagian tengah lingkaran selang lebih tebal dibanding termoplastik. Selang ini dibuat dengan bahan berkualitas sehingga tidak akan mengalami kebocoran hidrolik, standar emisi bagus, dan kuat.

Itu dia beberapa tipe dari selang hidrolik yang biasa digunakan pada bidang industri. Semoga bermanfaat! –SH–

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: