Sayang sekali jika sudah kredit kendaraan bermotor tidak dimanfaatkan untuk bepergian ke beberapa kota di Indonesia dan mencicipi kulinernya yang enak. Memang kota-kota yang ada di Indonesia terkenal dengan tempat-tempat wisatanya yang indah dan kulinernya yang super duper enak salah satu contohnya Sumatera Barat. Mungkin Kalian sudah tidak asing lagi dengan kota yang satu ini. Yaa, salah satu kota yang sangat terkenal dengan kulinernya yang super enak. Saking enaknya masakan khas dari Sumatera Barat yaitu Rendang masuk ke dalam kuliner terenak di dunia.

Di bawah ini juga merupakan kuliner yang sangat terkenal dari Sumatera Barat dan wajib untuk dicicipi:

Sala Lauak

Sala LauakApa itu sala lauak? Sala lauak adalah gorengan berbentuk bulat terbuat dari bahan baku ikan asin yang dihaluskan dan dicampur bersama adonan tepung beras yang dibumbui bawang putih. Sala jenis ini memiliki tekstur bagian luar yang sedikit keras dan bagian dalam yang lebih lunak. Sala lauak umumnya disajikan sebagai hidangan pelengkap ketika sarapan pagi. Cita rasanya yang unik, membuat kuliner ini menjadi menu sarapan khas Kota Pariaman.

Ketan Durian

Ketan DurianBagi masyarakat Minang menikmati durian belum lengkap rasanya tanpa kehadiran ketan. Ketan merupakan olahan beras ketan yang dikukus hingga matang. Dalam proses pengukusan, beras ketan ditambahkan irisan daun pandan agar wangi. Dalam penyajiannya bersama durian, ketan ditaburi kelapa parut yang telah ditambahkan garam halus secukupnya. Legitnya buah durian nan manis dan lembut dimakan bersamaan dengan gurihnya ketan akan mampu menggoyang lidah penikmatnya. 

Lamang Tapai

Lamang TapaiLamang Tapai adalah makanan khas dari Sumatera Barat yang dimasak dengan santan dalam bambu muda. Bahan utamanya adalah beras ketan putih, santan kelapa, daun pandan, dan sedikit garam yang dibuat dengan memfermentasikan beras ketan dengan ragi.

Teh Talua

Teh TaluaBanyak mungkin yang belum kenal betul dengan minuman asal Sumatera Barat yang satu ini. Minuman yang sangat nikmat sekali jika sudah masuk ke tenggorokan. Memang teh talua terbuat dari telur ayam maupun bebek, akan tetapi rasa teh talua tidak amis maupun anyir ketika diminum, dikarenakan diberi air teh, susu, gula dan sedikit kupasan jeruk nipis yang mengurangi bau amis dan anyir tersebut.

Cindua

CinduaCindua merupakan minuman khas asal Minangkabau. Cindua berbahan dasar dari tepung sagu aren kemudian dicampur dengan tepung beras lalu diberi pewarna makanan yang berasal dari getah gambir sehingga berwarna merah. Sedangkan warna hijau karena diberi pewarna dari daun pandan atau daun suji. Minuman ini disajikan dengan beragam campuran seperti ampiang, lopis, durian.

Palai Ikan

Palai IkanPalai ikan merupakan salah satu makanan khas yang berasal dari daerah Sumatera Barat. Ikan yang digunakan ketika membuat palai biasanya ikan bawal maupun ikan kakap. Ikan diolesi dengan bumbu-bumbu tradisional, dan selanjutnya dibungkus dengan daun pisang serta di panggang diatas bara api yang sedang.

Dijamin, setelah mencoba kuliner dari Sumatera Barat ini akan membuat Anda pengen nambah!       –Sh–

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: