pembakaran industriProses pembakaran merupakan hal yang pasti terjadi pada semua industri yang menghasilkan sebuah produk barang karena melalui proses inilah mesin dapat menyala dan bekerja. Ketika proses pembakaran tidak berlangsung dengan baik dan sistem kerja mesin terhambat, maka akan memengaruhi sistem produksi. Begitu pentingnya proses ini membuat sebuah industri sangat memerhatikan kelancarannya, seperti memastikan flow meter Indonesia yang digunakan dapat berfungsi dengan baik.

Untuk dapat mencapai sistem pembakaran yang sempurna, dibutuhkan 3 komponen penting, yaitu panas, bahan bakar, dan udara. Ketika dalam ruang pembakaran hanya ada panas tanpa didukung oleh kedua komponen yang lain, maka proses pembakaran tetap tidak akan terjadi.

  • Bahan bakar

Proses pembakaran yang sempurna akan benar-benar membakar habis semua bahan bakar yang dimasukkan ke dalam ruang pembakaran. Jika ada bahan bakar yang tersisa dan tidak terbakar maka akan sangat berbahaya. Sebab pembakaran seperti ini atau yang biasa disebut dengan pembakaran sebagian akan menghasilkan gas buang berupa karbon monoksida, hidrogen, dan metana.

  • Udara

Inilah komponen utama penentu apakah pembakaran bahan bakar terjadi secara sempurna atau tidak. Ketika jumlah udara yang masuk ke dalam ruang pembakaran kurang dari yang dibutuhkan, maka pembakara sebagian akan terjadi. Namun, jika jumlah udara yang masuk berada dalam perbandingan yang tepat, maka bahan bakar dapat habis terbakar.

Terjadinya pembakaran sebagian pada bidang industri tidak hanya berdampak pada meningkatnya polusi udara yang mencemari lingkungan, tetapi juga keuangan perusahaan. Sebab bahan bakar yang dibutuhkan pasti akan lebih banyak dari yang seharusnya sehingga secara otomatis meningkatkan biaya produksi perusahaan.

Tentunya tidak mudah menciptakan proses pembakaran yang sempurna jika pengaturan volume bahan bakar dan udara yang masuk ke ruang pembakaran diukur secara manual. Itulah sebabnya, digunakan flow meter untuk fungsi tersebut. Alat ini tidak hanya berfungsi untuk menunjukkan data aliran udara maupun bahan bakar yang mengalir saja, tetapi juga mengontrolnya. Operator akan melakukan pengaturan mengenai volume yang dibutuhkan dan saat ada aliran yang jumlahnya melebihi, maka alat ini akan melakukan penyesuaian.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *