mobil
image source: website Auto Guide

Setiap komponen maupun cairan yang ada pada mobil memiliki fungsi penting dan harus diperhatikan kualitasnya. Misalnya saja oli mesin mobil yang berfungsi sebagai pelumas mesin dan juga membantu sistem pendinginan. Ketika kualitas oli sudah tidak bagus karena terlalu lama digunakan, maka harus dibuang dan diganti dengan yang baru agar dapat kembali berfungsi sempurna.

Namun, dengan banyaknya komponen pada mobil, tentu terkadang akan membuatmu merasa bingung apa saja yang wajib diganti secara berkala. Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Wipper

Komponen ini sering diabaikan terutama saat musim kemarau karena jarang digunakan sehingga banyak yang tidak menyadari bagaimana kualitas kerjanya. Padahal, karet pada wipper yang terus menerus terpapar matahari mungkin akan cepat mengalami kerusakan dan tidak berfungsi sempurna menghapus air pada kaca saat musim hujan. Hal ini tentu akan berbahaya saat hujan deras terjadi di luar prediksimu. Jadi, selalu periksa kondisi wipper dan pastikan kualitasnya masih baik, terutama dengan kondisi cuaca yang tidak bisa diprediksi seperti sekarang.

  • Saringan

Ada 3 jenis saringan yang ada pada mobil, yaitu saringan bensin, saringan udara, dan saringan oli. Saringan bensin dan saringan udara merupakan dua jenis saringan yang bisa dibersihkan beberapa kali sebelum wajib untuk menggantinya. Misalnya karena sudah sulit untuk dibersihkan atau usia pakai yang terlalu lama. Sementara untuk saringan oli, sangat disarankan untuk menggantinya setiap kali melakukan ganti oli.

  • Kampas

Kampas rem maupun kampas kopling merupakan komponen yang akan semakin menipis seiring dengan penggunaan. Artinya, semakin sering kamu melakukan pengereman atau menekan kopling (pada mobil manual) maka kampas ini akan lebih cepat habis. Ketika kampas habis, maka tentunya akan mengganggu sistem kerjanya. Ada baiknya rutin melakukan pengecekan terutama jika kamu sering berkendara dalam kondisi macet dan lakukan penggantian sebelum benar-benar habis.

  • Busi

Busi mobil adalah komponen kecil yang berfungsi untuk memantik bunga api sebagai bagian dari sistem pembakaran. Ketika komponen ini mengalami masalah, maka sistem pembakaran tidak akan terjadi dan mesin tidak bisa menyala. Komponen ini disarankan untuk diganti setelah mobil menempuh perjalanan maksimal 45.000 KM.

Biasanya mobil akan menunjukkan gejala saat dikendarai jika memang ada komponen yang mengalami masalah dan harus diganti. Ada baiknya kamu juga memahami berbagai tanda yang ditunjukkan oleh mobil tersebut. Selain itu, di luar dari beberapa komponen yang telah disebutkan di atas, masih banyak komponen lain yang juga tidak kalah penting. Jadi ada baiknya jika kamu sesekali melakukan pengecekan penuh pada kondisi mobil untuk mengetahui kondisi setiap komponen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *