po boxPO BOX adalah singkatan dari kata “Post Office Box”, yang secara harfiah bisa diartikan sebagai kotak surat kantor pos. Namun kotak surat ini bukan seperti dalam bayangan kita yang hanya berbentik 1 kotak besar untuk surat. Kotak surat yang disebut sebagai PO BOX ini lebih berbentuk seperti lemari yang penuh dengan kotak – kotak kecil dimana setiap kotak tersebut memiliki nomor dan kuncinya masing-masing. Hanya orang yang memiliki kunci yang bisa membuka kotak surat tersebut. Kuncinya biasanya dimiliki oleh penyewa kotak, jadi aman banget.

Dengan adanya PO BOX, penyewa hanya tinggal memberikan nomor PO BOX kepada orang-orang yang ingin mengirimkan surat padanya. Karna dengan PO BOX, pengirim surat / barang bukan lagi mengirimkan ke alamat kantor, apartemen atau kantor namun langsung dikirimkan ke kotak yang telah dimiliki penyewa di kantor Pos Indonesia (Di Indonesia, yang punya jasa PO Box itu Pos Indonesia).

Gimana Cara Kirim ke PO BOX?

Tidak sedikit kantor-kantor atau bahkan badan pemerintahan yang menyewa PO BOX. Untuk mengetahui apakah mereka memiliki PO BOX atau tidak? Sangat gampang jika di alamat diberikan nomor PO BOX, berarti mereka emang nyewa.

Bagi kamu yang ingin mengirimkan surat lamaran, surat cinta, atau surat lainnya ke PO BOX, gimana? Gampang banget, kamu hanya perlu nomor PO BOX. Eh, apa itu nomor PO BOX? Nomor PO BOX adalah  angka untuk menunjukan nomor kotak surat yang dimiliki oleh penyewa. Gimana bentuk nomor PO BOX? Pada umumnya di belakang kata PO BOX akan diikuti beberapa angka, biar makin jelas berikut ini contoh-contohnya:

Contoh pertama:

PO BOX 3036 JKP 10030

Nomor P di atas merupakan nomor PO BOX milik kementerian luar negeri Indonesia. Singkatan “JKP” merupakan kepanjangan dari “Jakarta Pusat”

Contoh ke-2:

PO BOX 3030 Palembang

Nomor di atas nomor PO BOX regional Sumatera Selatan (Palembang) lokasi ujian CPNS. Jadi setelah nomor kotak surat, biasanya ada tambahan informasi kota untuk memastikan surat tidak terkirim ke kota lain.

Cara Nulis PO BOX di Amplop?

Bagi kamu yang mau mengirimkan email dengan hanya bermodal PO BOX, berikut ini contoh format yang  bisa ditulis di amplop:

Kepada:
Nama Perusaahan/ Nama Badan Usaha/ Nama Orang
PO BOX ………. (isi dengan nomor PO BOX)
Kota …………. (isi dengan nama kota di mana perusahaan / badan usaha / orang itu berada)

Jasa Pengiriman yang Bisa Digunakan untuk Kirim Surat ke PO BOX?

Jasa kirim ke PO BOX untuk saat ini hanya bisa melalui Pos Indonesia. Kenapa? Karna jasa PO BOX merupakan jasa Pos Indonesia yang di mana kotak surat yang disewa ada di dalam kantor Pos Indonesia. Klo Pakai JNE tidak bisa? Ya, tidak bisa. Klo POP BOX, JNE baru bisa. Gimana klo Tiki, gosend, grabexpress, atau jasa pengiriman lainnya? Tetap tidak bisa. Jadi harap kamu pastikan kirim surat ke PO BOX menggunakan Pos Indonesia, bukan jasa pengiriman lain.

Saat pengiriman surat, kamu bisa memiliki Pos Regular (+/- 14 hari), Pos Kilat (+/- 9 hari)  atau Pos Express (+/- 1 hari). Oh, ada beberapa kota yang kadang-kadang tidak bisa menggunakan Pos Express jadi untuk aman jangan kirim surat terlalu mepet yo. Klo buat harga,  tentu semakin cepat berarti semakin mahal dan semakin jauh kota yang ditujuh juga semakin mahal.

Sekarang udah tahu kan bahwa kamu bisa kirim surat ke PO BOX . Selamat mencoba!!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *