ban kendaraan kempesPernah mengendarai mobil saat ban kempes? Kalau pernah, mulai dari sekarang kurangilah kebiasaan tersebut. Mengapa? Yap, selain dapat mengurangi performa mobil Anda, memaksa jalan ban mobil yang kempes dapat meningkatkan risiko kecelakaan. Sekalipun Anda punya asuransi kecelakaan lalu lintas yang akan menanggung biaya pengobatkan ketika terjadi kecelakaan, namun bukan berarti dengan seenaknya Anda mengabaikan peraturan berkendara.

Di samping itu, ada beberapa dampak buruk yang bisa ditimbulkan jika Anda tetap ngotot mengendarai mobil dengan kondisi ban kempes, berikut di antaranya: (source: showroommobil)

  • Mobil lebih boros bahan bakar. Dampak pertama yang bisa dirasakan jika Anda mengendarai ban mobil yang kempes adalah mengonsumsi lebih banyak bahan bakar. Ini terjadi karena mesin kendaraan bekerja lebih ekstra dibanding biasanya. Di samping itu, ban juga akan lebih mudah panas dan tidak jarang malah mengeluarkan bau terbakar. Kalau kondisi ini dibiarkan tentu malah dapat menimbulkan kebakaran.
  • Sulit dikendalikan. Buruknya, saat dikendarai mobil akan sangat sulit untuk dikendalikan akibat kondisi ban yang tidak seimbang. Selain itu, kondisi ini pun dapat memperparah kerusakan pada permukaan ban menanggung beban berat dari bodi mobil. Untuk itulah, Anda sangat tidak dianjurkan mengendarai mobil ketika ban kempes.
  • Ban meletus. Memaksakan sesuatu tentu akan menimpulkan dampak yang sangat buruk, begitupun ban mobil. Ketika ban dipaksa jalan padahal sudah jelas-jelas ban kempes maka ini tentu meningkatkan risiko ban meletus. Kondisi ini terjadi akibat adanya gesekan pada permukaan ban dan permukaan jalan sehingga membuat ban lebih mudah meletus. Jika tidak bisa dikendalikan, tentunya ini dapat menimbulkan kecelakaan hebat.
  • Kecelakaan. Seperti yang sudah dijelaskan di bagian atas, ban mobil yang kempes sangat rawan sekali kecelakaan, apalagi kalau mengemudi mobil dengan kecepatan tinggi. Di samping itu, kondisi tersebut juga dapat membuat mobil menjadi tidak stabil karena itulah bisa menyebabkan kecelakaan.

So, setelah mengetahui dampak yang ditimbulkan tersebut, apakah Anda masih mau mengendarai mobil dengan kondisi ban kempes? Selalu hati-hati berkendara dan selalu taati peraturan, ya!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: