anak malas bergerakAnak susah makan merupakan salah satu tantangan yang dihadapi orang tua dari masa ke masa. Anak mulai memilih-milih makanan sejak menginjak menginjak usia 18 bulan ke atas. Namun ada juga anak yang memulainya di usian yang berbeda. Setiap anak-anak memiliki fase tersendiri sehingga tidak bisa disamakan.  Untuk masalah susah makan ini, orang tua perlu mengetahui penyebab anak susah makan dan cara mengatasinya sehingga kebutuhan nutrisi anak bisa dipenuhi.

Berikut ini daftar beberapa penyebab anak susah makan yang biasa terjadi dan cara mengatasi anak susah makan usia 18 bulan ke atas:

Tidak ingin makan dan milih-milih Makan

Pada tahap pertumbuhan ini, makanan yang dimasukan ke mulut sangat penting tergantung dengan keinginan dan mood anak sehingga ada saatnya anak mau makan dan tidak. Selain itu anak-anak mulai picky mau makan ini dan itu.

Orang tua bisa mencoba menghitung kalori perminggu dan memberikan selang seling makanan dengan tekstur yang berbeda. Untuk makanan yang tidak disukai, bisa disajikan terus menerus dengan makanan baru sehingga anak mau memakannya. Pada saat proses terus menerus memberikan makanan ini, orang tua perlu sabar alias tidak marah-marah.

Untuk meningkatkan minatnya, orang tua juga bisa memakan makanan yang sama di depan anak untuk menunjukan bahwa makanan tersebut enak. Namun hal ini tidak hanya cukup sekali atau dua kali karna anak-anak membutuhkan waktu untuk belajar.

Hanya suka makanan fast food

Makanan siap jadi atau fast food merupakan jenis makanan mengandung banyak gula, garam, dan lemak namun kandungan nutrisi seperti protein, mineral, dan vitamin sangat sedikit. Untuk itu, makan ini tidak cocok untuk anak yang sedang dalam proses pertumbuhan.

Agar anak tidak tergantungan dengan fast food, disarankan untuk tidak mengkonsumsi makanan didepan anak-anak karna anak-anak meniru orang sekitarnya. Hal lain yang bisa dilakukan adalah jangan biasakan untuk stok atau pesan makanan fast food. Biasanya menyiapkan kudapan dan makanan sehat untuk anak agar terbiasa makan sehat.

Tidak ada salahnya juga menyiapkan susu. Dimana susu mengandung berbagai vitamin dan mineral yang dapat membantu pertumbuhan anak. Orang tua bisa berkonsultasi dengan dokter anak untuk memdiskusikan porsi makanan dan susu yang baik untuk anak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *