ban mobilPunya mobil pribadi mengharuskan Anda untuk merawat kendaraan dari hal-hal penting sampai yang sepele sekalipun. Ini dilakukan agar mobil bisa digunakan dengan nyaman dan bertahan lama. Salah satu bagian mobil yang harus Anda perhatikan adalah ban. Anda harus mengetahui model dan merek ban mobil yang cocok dengan mobil Anda juga bagaimana cara ganti ban mobil untuk keadaan-keadaan mendadak.

Ban mobil memiliki jenis dan fungsi yang berbeda-beda. Anda harus dapat menyesuaikan bentuk ban dengan mobil Anda dan juga medan yang akan Anda lalui. Hal ini dilakukan untuk mengurangi kesempatan terjadinya kecelakan minor (seperti ban pecah) sampai yang berakibat fatal (kecelakaan). Maka dari itu, kenali jenis-jenis ban dan fungsinya dibawah ini!

A/T (All Terrain)

Ban ini didesain untuk pemakaian hampir disemua medan, namun kurang kuat untuk medan off-road (ekstrem). Ban ini bisa digunakan untuk aplikasi jalan raya, jalan berbatu, tanah dan jalanan berair.

M/T (Mud Terrain)

Nah, jika kamu ingin melewati medan ekstrem, makan tipe M/T ini adalah jawaban yang tepat. M/T cocok untuk off-road, dimana didesain khusus melewati medan-medan sulit seperti lumpur, berpasir dan bebeatuan. Namun jangan gunakan ban ini untuk medan seperti jalan aspal, karena ban M/T tidak memiliki daya cengkram yg kuat pada aspal sehingga terasa licin.

H/T (High Terrain)

Tipe ban ini paling sering ditemui dijalan raya untuk mobil-mobil kendaraan pribadi. Didesain khusus untuk permukaan jalan aspal sehingga sering digunakan untuk mobil-mobil dalam kota untuk sehari-hari.

Perhatikan secara baik-baik saat memilih ban baru untuk cadangan atau langsung pakai. Anda harus mengenali bentuk model mobil Anda dan sesuaikan dengan bannya. Ada kode-kode yang tertera pada ban, misal kode 195/55 R15 84 V. Angka 195 menunjukan lebar penampang ban, 55 rasio ban, R konsturksi ban radial, 84 index beban dan V menunjukan kecepatan ban mencapai 240 km.

Jika Anda masih merasa kesulitan, maka lebih baik Anda membeli ban di tempat yang terpercaya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *