setir mobilMobil lama pastilah memiliki banyak perbedaan dari mobil yang baru diproduksi belakangan ini. Misalnya saja dari kebutuhan oli mobil terbaik yang harus digunakan, fitur, dan sebagainya. Tentunya perbedaan ini lebih mengarah kepada hal yang lebih baik. Misalnya saja seperti semakin banyaknya fitur pendukung keselamatan dalam berkendara mengingat tingkat kecelakaan yang semakin bertambah, atau fitur yang membuat proses berkendara semakin mudah.

Sayangnya, ada saja beberapa kebiasaan pemilik mobil lama yang tetap masih dilakukan meskipun mobil yang digunakannya sudah baru. Beberapa di antaranya yaitu:

Menengok saat akan pindah jalur atau belok

Fungsi dari kaca spion yang berada di sebelah kanan dan kiri mobil adalah untuk membantu kita melihat keberadaan kendaraan di sekitar kendaraan kita. Namun kenyataannya, masih banyak juga orang yang tidak terlalu mempercayai kaca spion ini dan memilih untuk menengok langsung saat akan berbelok ataupun berpindah jalur. Alasannya, karena mereka merasa bahwa ada beberapa sudut tertentu yang tidak dapat terlihat secara langsung dari kaca tersebut atau yang termasuk ke dalam area blind spot. Padahal, mobil keluaran baru sekarang sudah dilengkapi dengan fitur yang dapat memberi peringatan jika ada objek di area tersebut.

Menggoyangkan mobil saat mengisi bensin

Pernahkah Anda melihat ada orang yang menggoyangkan mobilnya saat mengisi bensin? Kebiasaan ini memang sudah menjadi hal yang banyak orang lakukan sejak lama. Tujuannya adalah agar udara yang berada di jalur aliran bahan bakar dapat hilang sehingga bahan bakar dapat terisi secara penuh. Namun sebenarnya, belum pernah ada pembuktian bahwa hal tersebut benar-benar bermanfaat. Tidak hanya itu, teknologi pada mobil keluaran sekarang pastinya sudah terus diperbarui untuk memastikan aliran bahan bakar berjalan dengan sempurna.

Parkir menggunakan gigi satu

Masuk gigi satu saat mobil diparkirkan menjadi kebiasaan banyak orang. Alasannya karena hal ini dapat mencegah mobil melaju maju ataupun mundur saat parkir terutama di jalanan menanjak atau menurun. Namun sebenarnya hal ini tidak disarankan, apalagi untuk mobil keluaran baru yang sistem pengeremannya sudah menggunakan sistem elektrikal. Sebab jika hal ini terus menerus dilakukan aplagi jika parkir dalam waktu lama, maka dapat memperpendek usia pakai komponen yaang berkaitan dengan transmisi.

Nah, ternyata kebiasaan yang sudah lama dilakukan belum tentu benar kan? Jadi, ada baiknya jika Anda mulai melepaskan beberapa kebiasaan di atas agar mobil kesayangan Anda semakin awet. (Vita)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *