Dalam memimpin sebuah perusahaan, mengambil keputusan yang cepat dan tepat sudah menjadi salah satu hal yang harus dikuasai. Pada kebanyakan kasus, semakin lambat menentukan keputusan, semakin besar juga risiko yang perlu ditanggung oleh perusahaan. Sementara, keputusan yang tepat harus dipikirkan secara matang dan perlu memikirkan banyak pertimbangan sehingga sulit untuk melakukannya secara cepat. Karena itu, beberapa perusahaan besar membutuhkan SAP platinum partner indonesia untuk mengimplementasikan jenis softawre ERP yang mampu menyediakan data secara real-time, sehingga mampu membantu pengusaha lebih mudah menganalisis data dan membuat keputusan yang tepat. Namun demikian, mengambil keputusan tidak cukup hanya dengan mengandalkan bantuan teknologi. Untuk mengambil keputusan yang cepat dan tepat, pemimpin juga perlu memiliki karakter di bawah ini.

  • Analisis akar masalah

Untuk membuat keputusan yang tepat, Anda harus teliti dalam mengidentifikasi masalah yang terjadi. Jika analisis masalah kurang tepat, maka kecil kemungkinan untuk membuat keputusan yang tepat.

  • Kalahkan rasa takut

Fear is not always a bad thing. Namun, rasa takut yang berlebihan juga dapat menghalangi Anda untuk berpikir jernih. Rasa takut dapat menghambat Anda mengambil keputusan bahkan skenario terburuk dapat membuat Anda kesempatan berharga. Jika Jangan terlalu takut menyesal mengambil keputusan yang salah. Pertimbangkan juga kesempatan dan dampak positif yang dapat membuat perusahaan Anda semakin berkembang.

  • Diskusikan dengan co-worker

Selain bergantung para teknologi dan intuisi Anda, tak ada salahnya untuk melakukan diskusi dengan co-worker. Dengan berdiskusi, Anda bisa mendapatkan insight yang bermanfaat yang dapat memudahkan Anda mengambil keputusan.

  • Tetapkan deadline

Seperti yang telah dijelaskan di atas, untuk mengambil keputusan yang tepat, diperlukan banyak analisi dan pertimbangan. Namun, jangan sampai terbuai dan berlama-lama berada pada fase ini. Sebaiknya tetapkan jadwal atau deadline di mana Anda harus sudah memutuskan langkah apa yang akan diambil ke depannya.

  • Yakin dengan keputusan yang dibuat

Terakhir, Anda harus yakin dengan keputusan yang dibuat. Apa pun hasilnya, keputusan telah dibuat dan Anda tidak bisa menariknya kembali. Jadi, hadapi tantangan apa pun yang ada di depan Anda dan jangan sesali keputusan yang telah dibuat.

Dengan bantuan teknologi dan karakter-karakter di atas ini, diharapkan pemimpin dapat membawa perusahaannya ke arah yang lebih baik dengan keputusan-keputusan yang tepat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

%d blogger menyukai ini: